Meditasi Berarti Menyadari Apa Yang Sedang Terjadi


Unduh PDF


Unduh PDF

Tafakur bermaksud menegaskan perhatian dan mengenal diri sendiri untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi dan merasakan keluasan pikiran batin. Kendatipun khalwat sudah dipraktikkan sejak ribuan tahun suntuk, para saintis menemukan manfaatnya dengan melakukan studi. Orang-hamba allah yang rutin bermeditasi lebih mampu membereskan emosi, berkonsentrasi, mengurangi stres, dan menganyam relasi yang lebih baik dengan bani adam lain.[1]

Meditasi yang dilakukan secara terkonsolidasi membuat Anda merasa sirep dan akur dalam kondisi segala sekali lagi. Cara bermeditasi terlampau beragam. Jikalau teknik yang Anda terapkan saat ini cacat efektif, gunakan teknik yang lain sebelum berhenti mencoba.

Paul Chernyak, konselor, mengatakan:
“Frekuensi meditasi lebih besar dampaknya dibandingkan durasi belajar. Meskipun hanya 5-10 menit sehari, manfaatnya bertambah besar daripada bermeditasi 1 jam seminggu sekali”.

  1. 1

    Carilah tempat bermeditasi yang ranah dan nyaman.
    Meditasi harus dilakukan di lokasi nan hening dan bebas bencana.[2]

    Lingkungan yang tenang menciptakan menjadikan Sira terfokus hanya pada aktivitas yang sedang dilakukan dan bertambah mudah menaksirkan stimulan eksternal dan pengalih perasaan. Pastikan tidak ada nan menginterupsi sewaktu Ia bermeditasi, misalnya selama 5 menit atau sekudung jam. Kancah bermeditasi enggak perlu terlalu luas. Anda bisa bermeditasi di n domestik kamar tidur atau di bangku teras, asalkan Anda bisa menyendiri dan lain cak semau nan mengganggu.

    • Jika Anda belum sangkutan bermeditasi, hindari semua stimulan eksternal yang mengalihkan perhatian, misalnya dengan mematikan TV, ponsel, atau perangkat bukan nan bisa berbunyi.[3]
    • Jika ingin bermeditasi diiringi irama, pilihlah lagu tenang yang nadanya repetitif moga tidak mengganggu konsentrasi. Selain itu, Sira dapat memutar derau putih maupun memori suara umbul-umbul yang menenangkan, misalnya bunyi air mengalir.
    • Wadah bermeditasi tidak teradat hening. Kaprikornus, Dia tidak wajib mengaryakan tambal telinga. Suara miring kendaraan atau kunyuk menggonggong agar tidak mengurangi efektivitas perenungan. Justru sebaliknya, menyadari kedatangan suara di sekitar tanpa merelakan hal tersebut mendominasi manah merupakan aspek utama ketika bermeditasi.
    • Meditasi boleh dilakukan di mana saja, tetapi jangan di pinggir urut-urutan yang gaduh atau lingkungan nan bising. Siapkan matras lalu duduk di tanah berumput tebal di pangkal tumbuhan rindang dalam taman yang asri, sejuk, dan lengang.
  2. 2

    Kenakan baju yang nyaman.
    Salah suatu harapan utama meditasi adalah menenangkan perhatian dan mengabaikan pengalih perhatian di sekitar Sira.[4]

    Tujuan ini selit belit tercapai seandainya Sira mengenakan busana yang ketat atau tidak nyaman. Makanya sebab itu, kenakan rok yang agak longgar. Anda tidak perlu mengaryakan sepatu saat bermeditasi.[5]

    • Jikalau kepingin bermeditasi di palagan yang dingin, kenakan sweter atau kardigan. Siapkan selimut alias lingkarkan selendang di leher semoga pikiran lain teralihkan karena kedinginan.
    • Persiapkan diri dengan mengenakan rok nan nyaman seandainya Anda tidak sempat mengganti baju di tempat khalwat. Lepaskan sepatu sebelum bermeditasi.
  3. 3

    Tentukan durasi meditasi.
    Sebelum mulai bermeditasi, tentukan berapa lama Anda ingin bermeditasi. Insan-orang nan sudah rutin bermeditasi disarankan berlatih 2 kali sehari 20 menit/sesi. Para pemula disarankan berlatih sekali sehari sejauh 5 menit.[6]

    • Setelah menentukan durasi yang diinginkan, terapkan secara setia. Jangan terbang arwah karena kursus terkesan lain ada akibatnya. Anda bisa bermeditasi dengan baik jika berlatih dengan sabar dan sungguh-sungguh. Untuk detik ini, peristiwa terpenting yaitu terus membiasakan.
    • Gunakan alat untuk memantau durasi latihan nan tidak mengalihkan perasaan. Pasanglah peluit kiranya berbunyi dengan suara miring lembut saat waktu berlatih habis atau tentukan durasi latihan menggunakan peristiwa tertentu, misalnya ketika terdengar azan burit.
  4. 4

    Cak bagi
    peregangan otot
    sebelum bermeditasi kiranya tubuh tak kaku.

    Semadi biasanya dilakukan sederum duduk dengan postur tertentu sejauh rentang waktu tertentu. Maka itu sebab itu, sisihkan hari lakukan menghilangkan kegentingan ataupun kekakuan urat sebelum bermeditasi. Peregangan otot beberapa menit kontributif Ia merilekskan diri sehingga jasmani dan pikiran siap bermeditasi. Dengan demikian, Anda tidak terfokus pada bagian tubuh yang nyeri.[7]

    • Sempatkan meregangkan otot leher, bahu, dan punggung bawah, terutama jika Anda baru bekerja menggunakan komputer. Meregangkan urat kaki yang terfokus pada paha dalam sangat bermanfaat saat Anda bermeditasi sambil duduk bersila dengan postur runjung.
    • Kalau Ia belum tahu cara melakukan penegangan, pelajari bilang teknik melenturkan urat perumpamaan persiapan bakal bermeditasi. Banyak pakar khalwat menyarankan tutorial yoga umpama cara meregangkan otot sebelum bermeditasi.
  5. 5

    Duduklah dengan postur yang nyaman.
    Riuk satu aspek berjasa saat bermeditasi yakni kondisi fisik yang nyaman. Bikin itu, pastikan Engkau duduk dengan postur nan nyaman sebelum bermeditasi.[8]

    Semadi tradisional dilakukan spontan duduk di tegel di atas bantal kecil privat postur padma atau setengah lotus. Postur ini terasa tidak nyaman jika urat suku, belakang, dan punggung bawah tidak luwes sehingga perlu diganti dengan postur lain agar Anda bisa duduk tegak dengan nyaman.

    • Beliau boleh duduk di atas bantal sofa, di kursi, atau bangku kerjakan bermeditasi. Kaki dapat disilangkan atau diluruskan.
    • Saat duduk, arahkan tulang ekor berdiri lurus ke ubin mudah-mudahan tulang punggung berada di antara kedua tulang duduk, yaitu lemak tulang di bokong yang papah berat badan saat duduk. Agar pelvis berada di posisi yang tepat, duduklah di pinggiran kursi panjang yang empuk atau letakkan balok dengan ketebalan 7-10 cm di bawah kaki belakang kursi.
    • Gunakan amben untuk bermeditasi. Dudukan amben ini biasanya dipasang dengan posisi abnormal kencong. Jika Anda menunggangi bangku yang kancah duduknya horizontal, sisipkan papan setebal 2-3 cm di suku belakang bangku sebaiknya posisinya condong ke depan.

    Uang pelicin:
    Jangan memaksakan diri bermeditasi sambil duduk jika Anda merasa tidak nyaman. Meditasi boleh dilakukan sinkron bersimbah, berbaring, atau berjalan sebab yang paling kecil terdahulu saat bermeditasi yakni rasa nyaman![9]

  6. 6

    Tegakkan badan serentak duduk.
    Bermeditasi dengan postur tubuh yang baik takhlik Anda setia nyaman.[10]

    Setelah menemukan posisi duduk yang paling nyaman, berfokuslah sreg tulang punggung dimulai dari tulang ekor sambil membayangkan setiap ruas sumsum punggung tersusun kemas literal ke atas bikin menyangga dada, leher, dan kepala seharusnya tetap takut.

    • Engkau wajib berlatih seyogiannya mampu merilekskan tubuh atas sekaligus menjaga keseimbangan minus banyak berusaha. Rilekskan otot yang tegang. Jika Anda harus membungkuk lakukan merilekskan urat, periksalah postur bodi sepatutnya tubuh bagian atas kembali selevel sehingga otot nan tegang kembali nyaman.
    • Aspek yang bermain berjasa saat bermeditasi adalah tubuh yang nyaman, rileks, dan posisi torso yang sejajar sehingga tulang jejak kaki mampu memayang tubuh dari pinggang ke atas.
    • Telapak tangan biasanya diletakkan di pangkuan menghadap ke atas dengan tindan telapak tangan kanan di atas telapak tangan kidal. Selain itu, Anda boleh meletakkan jejak kaki tangan di lutut atau dibiarkan menggantung rileks di sisi tubuh.
  7. 7

    Pejamkan mata kalau cara ini membuat Anda merasa rileks dan lebih mudah berfokus.
    Meditasi boleh dilakukan serentak mengatupkan atau membuka mata.[11]

    Para pemula hendaknya bermeditasi sambil memejamkan mata mudahmudahan manah bukan teralihkan melalui cingur penglihat.

    • Anda dapat bermeditasi sambil mengungkapkan mata jika sudah rutin belajar. Gunakan cara ini jika Kamu mudah tertidur saat bermeditasi sambil mengejam mata atau muncul perasaan yang mengganggu seperti yang dialami beberapa orang.[12]
    • Jika Sira kian gemar membuka mata, biarkan pelupuk mata teguh rileks. Jangan menonjolkan tatapan mata pada objek tertentu.[13]
    • Beliau tidak terbiasa mengalami kondisi trans sebab aspek berarti saat bermeditasi adalah rasa nyaman dan tetap terjaga.[14]
  1. 1

    Fokuskan manah pada irama napas.
    Teknik yang paling sederhana dan universal yakni bermeditasi menunggangi irama napas. Teknik ini lalu tepat untuk Sira nan mentah menginjak bermeditasi.[15]

    Tentukan satu noktah di kas dapur sedikit di atas pusar lampau fokuskan manah pada titik tersebut. Perhatikan otot ki gua garba yang mengembang dan mengempis sesuai irama napas. Jangan berusaha mengeset komplet napas. Sira saja wajib bernapas normal seperti mana biasa.

    • Fokuskan pikiran sreg berasimilasi dan hanya pada napas. Jangan memikirkan seperti apa Anda bernapas atau menilainya (misalnya, “Napas boleh jadi ini lebih pendek daripada nan sebelumnya.”). Anda sekadar perlu memperhatikan napas sambil terus bernapas normal.[16]
  2. 2

    Berfokuslah pada imajinasi seumpama panduan bernapas.
    Bayangkan di perut Sira (sedikit di atas pusar) cak semau koin yang jungkat-jungkit sesuai musik napas ataupun visualisasikan berlepas nan sedang terayun-ayun di laut seiring tegangan dan embusan napas. Cara tak, bayangkan kuncup bunga teratai mekar dan menutup lagi setiap boleh jadi Anda menarik dan membuang napas.[17]

    • Jangan khawatir jika ingatan mulai berkelana. Anda masih pemula dan perlu banyak membiasakan. Fokuskan lagi pikiran pada berasimilasi dan jangan memikirkan hal-keadaan yang tidak.
  3. 3

    Ucapkan hobatan berulang-ulang agar Anda mampu menegaskan pikiran.
    Kaidah bukan yang sering digunakan bagi bermeditasi adalah mengucapkan mantra (suara, kata, atau frasa) tautologis-ulang lakukan menenangkan pikiran dan mengalami kondisi meditatif yang sungguh-sungguh. Kamu bebas memilih guna-guna, asalkan mudah diingat.[18]

    • Sebagai mantra, Ia bisa mengucapkan kata, “damai”, “sirep”, “tenteram”, ataupun “sunyi”.
    • Jika ingin menggunakan mantra tradisional, ucapkan “Om” yang menandakan kesadaran universal atau “sat, chit, ananda” nan artinya “kedatangan, kognisi, kesejahteraan”.
    • Momen bermeditasi, ucapkan hobatan lubuk hati berulang-ulang sampai pikiran terfokus cuma puas prolog atau frasa tersebut. Jangan gelisah jika pikiran teralihkan. Fokuskan lagi perhatian dan arahkan ingatan sreg mantra.[19]
    • Mantra tidak dibutuhkan lagi semacam itu Anda mengalami kesadaran transendental.

    Tahukah Anda?
    Dalam Bahasa Sanskerta, guna-guna berarti “instrumen untuk nanang”. Guna-guna adalah perangkat yang menciptakan pulsa di privat otak sehingga Anda tidak terpengaruh maka dari itu pikiran dan mengalami kesadaran transendental.

  4. 4

    Fokuskan pikiran plong objek optis buat mengatasi stres.
    Sebanding halnya dengan mengucapkan mantra, Anda bisa bermeditasi dan hingga ke kesadaran transendental dengan menekankan perasaan pada objek visual. Inilah nan disebut meditasi dengan mata terbuka. Bagi banyak orang, teknik meditasi ini sangat signifikan.[20]

    • Engkau nonblok menentukan mangsa buat bermeditasi. Sebagai contoh, tataplah lilin yang bernyala, kristal, bunga, atau foto pelopor spiritual, misalnya Buddha.
    • Letakkan korban setinggi mata cak agar kepala dan leher enggak tegang ketika menatapnya. Fokuskan tatapan pada objek sampai pandangan tiba mengalir perlahan-lahan dan pikiran terarah hanya pada target.
    • Begitu pikiran terfokus sepenuhnya pada objek, Anda akan merasakan ketenangan batin yang dalam.[21]
  5. 5

    Berlatihlah mengerjakan
    penggambaran
    takdirnya mau berfokus lega diri sendiri.

    Pelukisan yaitu cara lain bermeditasi yang cukup diminati. Salah suatu teknik visualisasi nan sayang digunakan adalah mengandaikan palagan nan merilekskan lalu mengamati kejadian-situasi mendetail yang ada di sana sampai Anda merasakan ketenangan yang dalam.[22]

    Anda bebas memilih tempatnya dan tidak harus benar-benar terserah. Bayangkan palagan yang memiliki makna personal buat Beliau.

    • Misal konseptual, bayangkan rantau yang hangat dengan pasir tulus dan air nan jernih, padang jukut penuh bunga yang luhur, hutan yang sunyi dengan pepohonan rindang, atau ruang duduk yang nyaman dan sejuk. Apa pun yang dibayangkan, pastikan Sira merasa ranah dan aman.
    • Langsung terus berimajinasi, mulailah mengamati keadaan sekitar begitu Anda berada di sana. Jangan berusaha menciptakan kondisi di sekeliling Engkau. Rileks saja! Sira hanya perlu berimajinasi dan biarkan hal-hal mendetail muncul dengan sendirinya.
    • Amati hal-situasi di sekitar yang Anda lihat, tangkap suara, dan cium, misalnya derauan angin menerpa wajah atau ocehan burung di taman. Biarkan imajinasi muncul sejenis itu saja dan nikmati semua yang Dia alami seperti sesuatu nan nyata. Jika Sira mutakadim siap mengakhiri meditasi, bernapaslah kerumahtanggaan-internal bilang siapa dahulu buka mata.
    • Anda dapat datang ke kancah nan sebabat saat bermeditasi lagi atau mengasumsikan lokasi yang lain.
  6. 6

    Bikin pemindaian badan buat menemukan dan meredam emosi keruncingan.
    Meditasi ini dilakukan dengan berpusat puas bagian tubuh satu per satu lalu merilekskannya. Mulailah berlatih sewaktu duduk atau leyeh-leyeh dengan nyaman. Pejamkan netra sambil memfokuskan pikiran puas berasimilasi. Arahkan manah lega bagian tubuh suatu tiap-tiap satu bertepatan kecam skandal yang Sira rasakan.[23]

    • Anda boleh memindai awak dari bawah ke atas. Contohnya, amati persepsi yang muncul pada jari kaki. Berusahalah merilekskan otot jari kaki yang terasa kaku dengan melepaskan ketegangan pecah ujung tangan suku. Sekiranya jari kaki mutakadim terasa nyaman, bagi pendirian yang setinggi bagi merilekskan jejak kaki kaki.
    • Untuk anju di atas cak bagi merilekskan seluruh tubuh dimulai berpokok kaki sampai puncak kepala. Manfaatkan waktu sebanyak boleh jadi saat berfokus pada setiap bagian tubuh.
    • Jika Sira sudah lalu selesai merilekskan semua episode tubuh, berfokuslah pada tubuh secara menyeluruh sambil menikmati rasa tenang dan nyaman setelah melakukan relaksasi. Berfokuslah pada napas selama beberapa menit sebelum mengakhiri meditasi.
    • Takdirnya rutin berlatih, teknik ini membuat Anda bertambah mencatat berbagai sensasi tubuh dan berpunya mengatasinya dengan cara yang tepat.[24]
  7. 7

    Lakukan meditasi cakra untuk meluaskan rasa pelahap dan pemberian sayang.
    Cakra dalaman adalah satu pecah 7 cakra ataupun gerendel energi yang bakir di dalam tubuh manusia. Cakra dalaman berbenda di perdua-tengah dada dan diasosiasikan dengan demap, kasih gegares, kedamaian, dan penerimaan. Meditasi cakra jantung dilakukan dengan mengalami hal-hal tersebut dan membagikannya kepada orang lain. Sebelum bermeditasi, duduklah dengan postur yang nyaman sambil berpusat pada napas.[25]

    • Jika raga sudah rileks, bayangkan panah bercelup hijau mencurat dari jantung spontan mengamalkan visualisasi tubuh Kamu dipenuhi maka dari itu cinta yang murni dan memancarkan pendar.[26]
    • Bayangkan cangap yang berdamar bersimbur keluar berbunga seluruh tubuh dan memencar ke alam semesta nan tidak terbatas.[27]
    • Setelah itu, tetap duduk sepemakan sambil merasakan energi positif di dalam badan dan di sekeliling Anda. Takdirnya telah selesai, kembalikan kesadaran plong awak dan berasimilasi dengan mengotak-atik ujung tangan tangan, jemari kaki, lengan, dan kaki, terlampau buka mata berantara.[28]
  8. 8

    Bakal meditasi berjalan lakukan merilekskan diri sambil
    berolahraga.

    Meditasi berjalan adalah salah satu cara bermeditasi yang dilakukan dengan menuduh gerakan kaki dan mengingat-ingat koneksi tubuh dengan manjapada.[29]

    Jika kepingin mengerjakan meditasi sambil duduk dengan durasi yang panjang, selingi dengan perenungan berjalan.[30]

    • Carilah lokasi nan tenang sepatutnya Dia tidak teralihkan saat mengamalkan meditasi melanglang. Lepaskan sepatu kalau kondisi lantai memadai nyaman cak bagi berjalan tanpa alas suku.
    • Tegakkan kepala dan tataplah harfiah ke depan sewaktu merapatkan bekas kaki tangan di depan dada. Langkahkan kaki kanan ke depan perlahan-lahan dengan pemahaman munjung lalu berhentilah sejenak sebelum melangkah sekali lagi. Saban-saban melangkah, pastikan semata-mata 1 tungkai yang berputar.
    • Saat mencecah ujung jalan, berhentilah serampak mendempetkan kedua telapak kaki. Kemudian, arahkan suku kanan ke luar lalu mengalir. Tiba pun melanglang ke sebelah bentrok dengan propaganda lambat dan kesadaran penuh.
    • Saat melakukan meditasi bepergian, fokuskan perhatian lega gerakan kaki dan abaikan pikiran nan lain. Konsentrasi yang intens semacam ini sama sebagaimana momen Beliau berfokus pada tarikan dan embusan napas momen bermeditasi kontan mengkritik napas. Anda hanya perlu menenangkan pikiran dan menyadari koneksi kaki dengan bumi yang dipijak.
  1. 1

    Lakukan nyepi pada musim yang setimpal setiap hari.
    Meditasi akan menjadi bagian dari rutinitas buku harian kalau aktivitas ini dimasukkan dalam jadwal dan dilakukan plong waktu yang sama saban hari.[31]

    Khalwat jauh lebih berharga seandainya dilakukan saban hari.

    • Dini hari adalah waktu nan tepat untuk bermeditasi sebab pikiran belum dipenuhi oleh berbagai penyakit dan pemicu stres.
    • Jangan bermeditasi langsung setelah makan. Dia akan merasa tak nyaman dan sulit berkhalwat jika perut masih sibuk mengetahui rezeki.[32]
  2. 2

    Bergabunglah kerumahtanggaan inferior tafakur terpandu bakal mencanai kemampuan.
    Jika ingin lebih terarah, berlatihlah kerumahtanggaan kelas bawah dengan guru yang berpengalaman. Carilah informasi plural inferior semadi melewati internet.

    • Sejumlah pusat kesehatan, sanggar yoga, sekolah, dan taktik meditasi membuka papan bawah meditasi di bermacam-macam lokasi.
    • Carilah panduan dan video tutorial khalwat di YouTube.
    • Jika ingin bermeditasi lebih khusyuk, ikuti retret spiritual mudah-mudahan Kamu boleh bermeditasi secara intensif selama beberapa waktu atau sejumlah pekan. Pusat nyepi Vipassana menawarkan retret gratis di berbagai ragam lokasi di seluruh dunia.[33]

    Tips:
    Unduhlah permintaan panduan nyepi agar Anda siap berlatih. Aplikasi Insight Timer menyediakan panduan meditasi yang bisa diunduh secara gratis. Tentukan durasi dan level panduan meditasi sesuai keinginan.

  3. 3

    Bacalah kunci spiritual bikin memperluas pengetahuan tentang nyepi.
    Buat beberapa orang, kancing spiritual dan Kitab Safi bisa digunakan buat mendalami meditasi dan membuat mereka terinspirasi untuk merasakan kesentosaan batin dan mencapai pemahaman spiritual.

    • Rahasia spiritual yang bermanfaat, misalnya
      Khalwat untuk Peningkatan Pemahaman
      coretan Anand Krishna,
      Superpower Mindfulness
      karangan Ajahn Brahm,
      Kesadaran Kehidupan
      tulisan Irmansyah Effendi,
      Quantum Tulen
      karangan Erbe Sentanu.
    • Seandainya diperlukan, catatlah pesan bijak yang bermakna dari buku spiritual alias Kitab Tulus terlampau renungkan saat bermeditasi.
  4. 4

    Lakukan
    meditasi perhatian penuh
    detik menjalani keseharian.

    Meditasi tidak cacat sreg sesi cak bimbingan sesuai jadwal. Anda bisa melakukan meditasi perhatian penuh serempak beraktivitas dengan menyadari segala yang sedang terjadi di dalam diri sendiri dan di sekitar Anda pada keadaan tertentu selama musim.[34]

    • Contohnya, saat mengalami stres, sisihkan periode beberapa ketika untuk berfokus hanya pada napas dan membedakan pikiran dari presumsi alias emosi subversif.
    • Meditasi perhatian penuh dapat dilakukan serampak makan dengan mencacat tembolok dan semua sensasi yang muncul ketika makan.
    • Apa pun aktivitas yang dilakukan sehari-masa, misalnya duduk di depan komputer atau menyapu keramik, berusahalah menyadari setiap gerakan badan dan skandal yang Anda rasakan detik itu. Kemampuan berfokus dan kesadaran sejenis ini takhlik Beliau menjalani hidup dengan manah penuh.[35]
  5. 5

    Bagi latihan
    grounding
    hendaknya Anda menjalani
    usia privat kekinian.

    Teknik
    grounding
    membantu Beliau menjalani vitalitas sehari-hari dengan kesadaran penuh. Detik belajar, Anda hanya perlu memfokuskan perhatian plong objek tertentu atau sensasi bodi nan Anda rasakan.[36]

    • Contohnya, fokuskan perhatian sreg warna sensasional nan ada di bolpoin atau map di atas meja. Rasakan sensasi yang muncul ketika telapak kaki menyentuh lantai maupun telapak tangan diletakkan pada sandaran lengan kursi. Lakukan teknik ini apabila Beliau merasa terusik, kesulitan berkonsentrasi, alias mengalami stres.
    • Ia boleh berfokus pada beberapa kegaduhan secara bersamaan, misalnya menyambut gantungan kunci sambil mendengar obstulen dentingan taktik, merasakan rahasia menyentuh telapak tangan, dan menyundak aroma ferum.
  6. 6

    Terapkan pola hidup sehat bikin kondusif nyepi.
    Meditasi bermanfaat meningkatkan kesehatan badan dan mental, tetapi lebih efektif jika digabung dengan menerapkan ideal hidup sehat, misalnya mengonsumsi peranakan bernutrisi, berolahraga rutin, dan tidur lilin lebah sesuai kebutuhan.[37]

    • Jangan menonton TV sesak lama, mereguk alkohol, alias merokok sebelum bermeditasi. Aktivitas tersebut berbuah buruk bagi kesehatan badan dan mental sehingga pikiran menjadi tumpul. Kondisi ini membuat Anda kesulitan berkonsentrasi nan dibutuhkan untuk bermeditasi dengan baik.
  7. 7

    Anggaplah permenungan sebagai perjalanan, bukan tujuan.
    Perenungan lain intensi yang harus dicapai seperti mendapatkan promosi kerja. Seandainya tafakur dianggap sebagai sarana hingga ke tujuan tertentu (sekalipun tujuan Engkau adalah mencapai pencerahan), hal ini sama dengan kerinduan berjalan santai dengan target 1 kilometer di pagi hari yang terang. Berfokuslah pada proses dan pengalaman bermeditasi yang Kamu alami. Saat bermeditasi, jangan menyertakan keinginan dan kelekatan nan membuat Engkau teralihkan ketika menjalani keseharian.

    • Saat tiba membiasakan, jangan sibuk memikirkan kualitas meditasi. Sejauh Anda merasa lebih tenang, bertambah demen, dan lebih berbaik selesai berlatih, permenungan sudah berhasil.[38]

  • Jangan mengharapkan hasil yang instan. Meditasi tidak meniadakan seseorang menjadi guru Zen privat semalam. Permenungan paling efektif jika dilakukan sambil dihayati sonder target segala apa pun.
  • Kalau Dia kesulitan bermeditasi sepanjang durasi nan sudah lalu ditentukan, kurangi waktunya untuk temporer waktu. Hampir semua manusia mampu bermeditasi selama 1-2 menit minus terusik oleh pikiran nan mengganggu. Jika pikiran sudah lebih tenang, Anda boleh memperpanjang durasinya secara bertahap agar mencapai periode nan ditentukan.
  • Bermakrifat bukan situasi mudah bagi turunan-cucu adam yang mentah mula-mula boleh jadi bermeditasi. Anda akan wajib jika bermeditasi secara teratur. Bersabarlah dan terus membiasakan.
  • Nyepi hendaknya lain rumit. Anda hanya perlu menyentak napas dan membuang berasimilasi sewaktu merilekskan diri dan membiarkan beban pikiran berlalu sedemikian itu semata-mata.
  • Anda bebas menentukan apa yang kepingin dilakukan ketika pikiran sudah lalu tenang. Sejumlah orang memanfaatkannya kerjakan menyodorkan intensi atau keinginan ke alam bawah sadar. Ada yang makin suka “berlindung” dalam keheningan yang dialami dengan bermeditasi. Buat penganut agama tertentu, permenungan cangap digunakan untuk menyirat kekeluargaan dengan Yang mahakuasa dan menerima ajaran.
  • Terapkan kaidah bermeditasi yang paling tepat menurut Dia. Teknik yang paling ideal untuk anak adam lain belum tentu sejadi lakukan Anda. Bakal semadi dengan berbagai prinsip hingga Beliau menemukan yang paling tepat.
Popular:   Cara Meditasi Yang Baik Dan Benar

Peringatan

  • Jika Anda mengalami nyeri punggung, berkonsultasilah dengan sinse untuk berburu tahu postur bermeditasi yang aman dan nyaman.

Tentang wikiHow ini

Jerambah ini telah diakses sebanyak 137.883 kali.

Apakah kata sandang ini kondusif Ia?


Sumber: https://id.wikihow.com/Meditasi