Kata-kata Renungan Untuk Meditasi

Malam sebelum tidur biasanya menjadi momen buat mengingat barang apa hal yang telah kita kerjakan sepanjang hari. Baik saat kreatif di sekolah, ketika berkreasi, atau rentetan aktivitas lainnya. Suasana malam yang sunyi dan liar membuat kita bisa sejenak berbuat introspeksi diri alias merenung.


Ketika melakukan renungan di malam tahun, kita dianjurkan untuk menggumamkan kata-kata yang berupa. Khususnya kata-pengenalan yang bisa menyerahkan usia atau ki dorongan dalam menjalani kehidupan. Hal ini lalu berguna, karena suasana lever dan pikiran sebelum seseorang tidur akan membawa otoritas osean di tulat hari ketika kamu bangun.


Nah, jika kamu kembali ingin mengerjakan renungan malam, bukan ada salahnya mendaras kata-kata bijak sebelum tidur. Selain bisa memotivasi, introduksi-kata ini lagi bisa memberimu perspektif mentah dalam meluluk jiwa. Penasaran seperti apa? Berikut 117 kata-kata bijak renungan malam yang dihimpun
brilio.net
berpokok heterogen sumber puas Kamis (9/9).

Kata-kata bijak renungan.


ANDA Kelihatannya Menyukai INI

foto: freepik.com



1. “Ketika kita berusaha bakal menjadi bertambah baik, semua yang ada di sekitar kita juga menjadi lebih baik.” – Paulo Coelho.

2. “Apa yang kita fokuskan di luar adalah gambaran terbit apa nan kita rasakan di intern.”

3. “Dia yang mampu menguasai orang enggak memang abadi. Tapi dia nan mampu mengendalikan dirinya sendiri, itulah yang lebih dahsyat.” – Lao Tzu

4. “Dua hari terpenting internal hidupmu adalah periode anda dilahirkan, dan hari engkau memaklumi alasannya.”

5. “Ingatlah selalu bahwa sira lebih berani daripada nan ia yakini, lebih abadi dari nan terlihat, dan lebih pintar bermula yang kamu kira.”

6. “Jangan kamu berani, untuk satu momen lagi, mengerubuti dirimu dengan orang-manusia yang enggak mengingat-ingat kekuatanmu diri.”

7. “Kau hanya arwah satu kelihatannya. Tapi sekiranya kau menjalaninya dengan benar, sekali pun cukup.” – Mae West

8. “Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu seorang, kamu akan terus melihatnya privat diri khalayak lain, karena bumi di luar dirimu hanyalah cerminan dari dunia di dalam dirimu.”

9. “Mulai perian ini, tetapkan kehendak dan fokus minus henti untuk menjalani hidupmu sebagai orang terbesar nan sira bisa, internal semua peristiwa.”

10. “Orang-sosok dikirim ke dalam umur kita untuk mengajari kita keadaan-hal nan teradat kita pelajari tentang diri kita sendiri.” – Mandy Hale

11. “Pada penghabisan waktu, ingatkan dirimu bahwa kamu berbuat nan terbaik nan kamu dapat hari ini, dan itu mutakadim patut baik.”

12. “Kabar tentang diri adalah ibu berpunca semua pengetahuan. Makara adalah bagasi saya cak bagi mengenal diri koteng, untuk mengetahuinya sepenuhnya.” – Kahlil Gibran

13. “Pusat bakal menjadi terdepan adalah dengan memulainya.” – Mark Twain

14. “Refleksi diri memerlukan pertanyaan puas diri sendiri mengenai kredit-nilai, menilai kekuatan dan kekecewaan, merenungkan persepsi dan interaksi dengan orang lain, dan membayangkan di mana kamu kepingin memilih hidupmu di masa depan.”

15. “Salah satu tragedi terbesar kerumahtanggaan hidup adalah kehilangan rasa dirimu sendiri dan mengakui versi dirimu yang diharapkan makanya insan lain.”

16. “Sebelum bisa berteman dengan orang tidak, pertama-tama kau harus bisa berteman dengan dirimu sendiri.” – Stephen Richards

17. “Barang apa sesuatu dalam hidupmu adalah cerminan semenjak seleksian yang telah kamu buat. Seandainya beliau menginginkan hasil nan berbeda, buatlah pilihan nan berbeda.”

18. “Setiap malam, ketika saya meninggalkan tidur, saya mati. Dan keesokan paginya, ketika saya siuman, saya dilahirkan pula.” – Mahatma Gandhi

19. “Tujuan berusul perjalanan spiritual kita enggak bikin menggantikan kegelapan dengan cahaya, melainkan untuk mengintegrasikan dan menghormati semua babak dari diri kita seorang, semua energi kehidupan.”

20. “Tuhan memberikan karunia berupa kehidupan. Lebih lanjut, berikan diri kita hadiah berupa arwah dengan baik.” – Voltaire

21. “Tak pernah ada kata tercecer untuk menjadi apa yang Kamu inginkan.” – George Eliot

22. “Terus ikuti hasrat hidupmu. Jangan bertanya apakah itu pragmatis atau tidak.” – Deepak Chopra

23. “Segala keadaan yang bisa kamu bayangkan itu nyata.” – Pablo Picasso

Popular:   Mengapa Meditasi Membuat Pikiran Kita Menjadi Baik

24. “Doang yang mengerti akan memahami dan hanya yang mengalami akan mencerna.”

25. “Momen anda jatuh jangan tetap di pangkal. Jatuh lain berarti kalah, itu hanya berarti ia harus bangkit dan pula mencoba.”

26. “Cara pembalasan yang setimpal yakni dengan membenamkan kesalahan makhluk lain.”

27. “Kehidupan bukanlah merupakan permasalahan kesempatan, tapi merupakan pilihan, adalah bukan sesuatu yang harus ditunggu, tapi sesuatu yang harus diupayakan.”

28. “Bagaimanapun perjalananmu tetap dimulai dengan satu langkah.”

29. “Ia lain dapat menambah umur internal hayat, tapi kamu boleh tambahkan kehidupan dalam umurmu.”

30. “Tidak ada seseorang yang dapat kembali ke masa lampau lakukan takhlik suatu awal yang baru. Namun, setiap orang dapat memulai ketika ini lakukan takhlik suatu akhir dari yang baru.”

31. “Tuhan tidak menjanjikan hari-hari tanpa kesedihan, gelak tanpa tersentuh perasaan, panas tanpa hujan abu, sekadar Halikuljabbar prospektif kemustajaban untuk menghadapi hari hari yang elusif, hiburan untuk tangis, dan wahi kerjakan menjalani kehidupan.”

32. “Apabila kamu merasa sedih karena gagal mendapatkan yang kamu inginkan, duduklah dengan mantap dan berbahagialah, karena Sang pencipta sedang menyiapkan sesuatu nan lebih baik bagimu.”

33. “Pelecok satu preservasi dari kekecewaan merupakan memiliki kesibukan.” – Alain de Botton

34. “Ketika anda merasa sangat terluka atas sikap orang lain, maka berdoalah kepada Yang mahakuasa kiranya sira tidak berbuat seperti segala apa yang telah dilakukannya.”

35. “Bukan kejadian yang mudah melepaskan atau mempertahankan segala apa nan tadinya baik, tiba-tiba berubah drastis menjadi amat buruk.”

36. “Sekejap-sekejap orang menyoal padaku apakah aku baik-baik sahaja, situasi ini bertambah mengingatkan bahwa aku tidak baik-baik saja.”

37. “Jangan keruh akan hari tulat, kesusahan hari ini cukuplah untuk hari ini.”

38. “Makhluk menangis bukan karena mereka ruai. Tapi, mereka menangis karena telah berusaha kuat kerumahtanggaan musim yang lama.” – Johnny Depp

39. “Proses pendewasaan dalam hidup ini adalah melalui ujian-ujian yang terjadi dalam hidupmu.”

40. “Bagiku, tidur bukanlah sekadar melepas letih, melainkan sebuah pelarian.”

41. “Aku bukan tahu apakah tempatku benar-benar di sini. Aku lain mempunyai koteng pun cak bagi diajak bicara.”

42. “Memaafkan adalah seperti membebaskan sang terhukum dari penjara. Dan kemudian kau tahu bahwa si pesakitan itu ialah kau sendiri.”

43. “Hargailah semua yang masih kau miliki sebelum ia hilang menjauh darimu, dan alhasil kau menyadari betapa berharganya dia bagimu.”

44. “Sukma semata-mata dapat dipahami dengan mundur ke pantat. Tapi harus dijalani dengan maju ke depan.”

45. “Doa memberikan kekuatan sreg orang yang gontai, takhlik orang tak beriktikad menjadi percaya dan mengasihkan keberanian lega orang nan ketakutan.”

Alas kata-kata bijak renungan tenang cinta.

Kata-kata bijak renungan malam © berbagai sumber

foto: freepik.com

46. “Dia enggak dapat menjadikan seseorang mencintaimu, hanya anda dapat menjadi seseorang yang layak dicintai.”

47. “Dimensi cinta suka-suka detik kau menyayangi seseorang sonder format.”

48. “Dalam atma, selit belit sekali kau bercocok orang yang kau cintai dan mencintaimu. Jadi, sekali kau dapatkan orang itu jangan sampai terlepaskan, karena kesempatan itu kelihatannya tak akan kembali padamu.”

49. “Lebih baik kehilangan harga diri karena orang yang dicintai daripada kekurangan orang yang dicintai karena status.”

50. “Kita menghabiskan waktu buat berburu turunan yang pantas untuk dicintai, atau mencari kesalahan orang nan kita cintai. Padahal seharusnya kita menyempurnakan cinta yang kita berikan.”

51. “Perkawinan yang tepat bukanlah mencari pribadi yang tepat, tapi menjadi pribadi yang tepat.”

52. “Sukacita dan rasa sakit terbesar kita, datang dalam hubungan dengan insan lain.”

53. “Aku kelihatannya menyesal mencintaimu untuk tentatif. Tapi untukmu, beliau akan menyesal telah kehilangan diriku sepanjang hidupmu.”

54. “Apa pula yang membuat Anda tersenyum, pertahankan. Apa juga yang membuat Anda sedih, tinggalkan.” – Mario Taat

55. “Cak acap hanyalah sebuah ungkapan dari rasa sayang satu-satunya, tapi dengan perbuatan itu akan membuktikan bahwa selalu itu memang ada.” – Seruni

Popular:   Jelaskan Cara Duduk Yang Benar Ketika Melakukan Meditasi Pernapasan

56. “Di bumi ini enggak hanya terserah satu cinta, tapi banyak intim tidak terkira. Namun, camar itu hanya cinta biasa jika tanpa adanya keikhlasan hati.” – Seruni

57. “Bosor makan siapa buta, tapi kadang, bakal boleh melihatnya dengan bertambah jelas, kita sahaja zakar kacamata yang pas.” – Raditya Dika

58. “Aku sudah lalu pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup, dan yang minimal pahit adalah berhasrat kepada manusia.” – Ali bin Abi Thalib



59. “Luka terdalam merupakan ketika kamu tak mampu mengawasi dengan mata, dan kegundahan terpendam merupakan ketika ia bukan mampu mengucapkan dengan kata-kata.”

60. “Detik kepercayaan dirusak, kata maaf sudah enggak ada artinya lagi.”

61. “Semakin bepergian masa, semakin tidak terhubung gegares kita.”

62. “Beberapa orang akan pergi, tapi itu bukan akhir dari ceritamu. Itulah akhir terbit peran mereka n domestik ceritamu.”

63. “Kamu tidak perhubungan boleh memanjakan orang sebanyak kamu bisa menginginkan mereka.”

64. “Jangan pernah kembali ke apa kembali yang membanting hatimu.”

65. “Susunan itu sebagaimana kaca. Sesekali lebih baik membiarkannya rusak daripada mencoba menyakiti diri sendiri dengan menyatukannya pun.”

66. “Bila suatu detik nanti kita berpisah, jangan aliansi ia lupakan semua kenangan indah cerita selalu kita.”

67. “Takdirnya memang orang tuamu tak menginginkanku, aku mundur.”

68. “Rasa sayang yang aku miliki tak pernah pudar cak agar sekarang kita sudah enggak bersama juga.”

69. “Individu-orang berujar bakal menirukan lever. Aku melakukannya, tapi hatiku justru terluka.” – Agatha Christie

70. “Kupikir kita yakni bisa menyempurnakan suatu separas lain. Tetapi, di dunia ini tak terserah nan sempurna.” – Rachel Higginson

Alas kata-kata bijak renungan cak bagi motivasi.

Kata-kata bijak renungan malam © berbagai sumber

foto: freepik.com

71. “Dengan tiga metode kita boleh belajar kebijaksanaan: Pertama dengan refleksi, yang paling mulia; Kedua dengan meniru, nan paling mudah; dan ketiga dengan pengalaman nan paling pahit.”

72. “Ingatkan dirimu bahwa ia tidak dapat gagal menjadi dirimu koteng.”

73. “Jangan pernah menggermang bakal jatuh karena ini adalah kesempatan untuk membangun juga dirimu seperti mana yang beliau inginkan sejauh ini.”

74. “Kemungkinan kegelapanlah nan membuat tahun terbantah begitu cahaya.” – Stephen King

75. “Kita harus rela melepaskan hayat yang sudah kita rencanakan untuk memiliki kehidupan yang menunggu kita.”

76. “Malam lebih panjang dari satu waktu untuk mereka yang bermimpi, dan siang lebih panjang berpangkal malam bagi mereka nan mewujudkan impian mereka.”

77. “Pikiran ‘tersinggung’ merupakan indikator peringatan yang menunjukkan kepadamu ke mana harus berburu ke dalam dirimu untuk masalah yang belum terselesaikan.”

78. “Transisi adalah teman, bukan teman. Persilihan adalah kebolehjadian yang brilian untuk tumbuh.”

79. “Sejauh spirit, khalayak akan membuatmu murka, tak menghormatimu, dan memperlakukanmu dengan buruk. Biarkan Tuhan berurusan dengan hal-situasi yang mereka bakal, karena kebencian di hatimu akan menghabisimu pula.”

80. “Terlalu banyak dari kita yang tidak mewujudkan impian kita karena kita menjalani keseraman kita.”

81. “Tiada awan di langit nan tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus nur cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa kegantengan. Semangat manusia serupa alam.” – R.A. Kartini

82. “Malam masih sunyi seperti biasanya, menghadirkan ia mengendap-endap dalam kepala.”

83. “Kemudian malam melanjutkan tugasnya: Kosong dari segala perasaan.” – Pramoedya Ananta Toer

84. “Petiklah bulan, jadikan ia seri namun di malam laknat para pendosa. Sepi ini tanpa nama, tawar rasa tetapi bermakna.” – Jerinx

85. “Intensi adalah sarapan yang baik, tetapi merupakan makan malam yang buruk.”

86. “Jingga di bahumu. Malam di depanmu. Dan bulan siaga sinari langkahmu. Teruslah melanglang. Teruslah melangkah. Kutahu kau tahu. Aku cak semau.” – Dewi Lestari

87. “Saja terdengar suara rintik hujan di asing yang menemaniku lilin lebah ini.”

88. “Bersama bintang. Bersama wulan. Bersama langit lilin batik. Cukup dengan melihat pan-ji-panji, dia merasakan kedamaian.” – Rohmatikal Maskur

Popular:   Bagaimana Cara Melakukan Meditasi Dengan Cara Duduk

89. “Bersisa lama beliau meninggalkan sehingga aku teradat dengan senyap dan keesaan.”

90. “Tidak perlu lilin batik bakal sekadar menyaksikan kesamaran, di tesmak sepi hidup, bisa kau saksikan kilauan yang begitu redup.”

91. “Kebanyakan orang tak bisa tidur, mereka sekadar tertidur karena selama siang dan malam hari mereka diberati maka itu manjapada.” – Emha Ainun Nadjib

92. “Segelap-gelapnya malam, malam terkadang menghasilkan tanda jasa nan berpelita.”

93. “Geram pada malam lain hilangkan kelam, marah lega siang tak sirnakan bayang.” – Achmad Mustafa Bisri

94. “Jika kita tidak mampu menjadi pelita yang menyigi lilin lebah, maka jadilah kunang-kunang yang menghiasi lilin batik.” – Nazril Ilham

95. “Malam memang bertambah senyap, tapi yang mengadar di kepalamu bertambah budek.”

Prolog alas kata bijak renungan malam.

Kata-kata bijak renungan malam © berbagai sumber

foto: freepik.com

96. “Lilin batik itu lebih nasib dan bertambah berharta warna daripada siang masa” – Vincent Van Gogh

97. “Hari mutakadim berakhir, lilin batik telah tiba. Musim ini telah berpulang, barang apa yang dilakukan sudah selesai. Rangkullah impianmu, sepanjang lilin lebah. Besok akan cak bertengger dengan cahaya yang sama sekali baru.” – George Orwell

98. “Jembatan terbaik antara putus terka dan pamrih yaitu tidur malam yang nyenyak.” – E. Joseph Cossman

99. “Waktunya padamkan bara sesudah lelah berkarya. Waktunya pejamkan alat penglihatan dan tak lagi mengomong. Selamat tidur.”

100. “Malam adalah kesempatan luar seremonial bakal beristirahat, memaafkan, mesem, bersiap-siap untuk semua penangkisan yang harus kau lawan besok.”

101. “Malam lebih nirmala semenjak siang; lebih baik untuk berpikir, memanjakan, dan berkhayal. Di lilin lebah waktu semuanya lebih intens, lebih benar. Gema pengenalan-perkenalan awal yang telah diucapkan pada siang hari mengambil makna yunior dan bertambah dalam.” – Elie Wiesel

102. “Miliki hati yang tidak kekeluargaan membenci, senyuman yang enggak pernah menyakiti, dan kasih sayang nan enggak pernah berakhir. Selamat Lilin batik.”

103. “Saat lilin lebah mulai gelap, biarkan kekhawatiranmu memudar. Tidurlah yang nyenyak, ketahui kamu telah melakukan semua yang boleh kamu untuk buat periode ini.”

104. “Tidur adalah perenungan terbaik.” – Dalai Lama

105. “Tidurlah yang nyenyak di malam yang sepi ini. Hanya itu saja pintaku, karena aku hanya cak hendak melihat senyum cerah ceriamu untukku di lusa hari.”

106. “Jangan menghabiskan malam minus tidur bagi merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan menengah menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah puas esok hari.”

107. “Lilin lebah ini aku dapat menuliskan bait-bait yang minimal sedih. Menyadari bahwa aku tak pun memlikinya. Merasakan bahwa aku telah kehilangannya. Mendengarkan suara malam yang tidak bersempadan, tapi lebih bukan bersempadan tanpanya.” – Pablo Neruda

108. “Lilin batik ini tak ubahnya sunyi, saat kau tertawa sonder tahu aku merasa sedih seorang.”

109. “Terkadang ada saat di mana gelap lilin batik seakan mampu mengetahui kamu makin bersumber yang lain.” – Rohmatikal Maskur

110. “Bukan lilin lebah yang membawa sunyi, tapi hati yang sudah terlajur sirep.”

111. “Lilin batik ialah selimut kesunyian bakal menghangatkan sisi yang berawan dari kejamnya roda dunia.”

112. “Malam yang sunyi ialah guru yang baik bikin mengajarkan tentang bertutur pada diri koteng.”

113. “Malam menyorongkan apa yang tak terucapkan terang, antap memiliki gaduhnya sendiri, dan kosong tak pelalah boleh disinggahi.”

114. “Kalau lilin batik ini bersisa sepi, kau boleh meminjam riuh ingatanku, akan kuceritakan jika terpukau menyuruk kian sakit berpokok patah hati.”

115. “Intern kegelapan lilin lebah ini aku bersyukur karena itulah nan terbaik daripada mengeluhkan segala barang apa yang belum kita dapatkan.”

116. “Di suatu malam, langit menangis, seakan menggauli sepotong hati yang sunyi. Dan tangisan itu menghidupkan sediakala setiap rasa yang telah mati.”

117. “Malam nan makin larut takkan pernah sopan-benar hening untuk mereka yang dipisahkan.”

(brl/guf)

(brl/guf)


Sumber: https://www.brilio.net/wow/40-kata-kata-bijak-renungan-malam-penuh-makna-dan-memotivasi-200605x.html