Kata Kata Motivasi Islam Untuk Diri Sendiri

Brilio.jaring –
Momen malam tiba terkadang sebagian manusia biasanya ada yang menghabiskan waktu cak bagi merenungkan diri. Ya, menyendiri bakal menimang apa yang telah kamu bakal selama ini apakah bertelur baik atau buruk. Sebab namanya sepeda hidup terkadang dapat mendaki dan turun.


Dengan merenungkan diri, pula bisa memberikan fungsi untuk kestabilan mental. Serta membebaskan pikiran nan tengah bimbang, risau, atau sedih menjadi keistimewaan lakukan menyunting diri, bisa bangkit dan tak mengulangi kesalahan yang setimbang kedua kalinya.


Sejenis itu pun ketika senang dan bahagia, sebagai seorang mukminat sekali lagi wajib mempertimbangkan diri atas kesenangan nan telah di dapat. Terlebih harta nan meluap, keluarga yang konseptual, fisik yang segak, dan karier yang melejit sekali lagi yakni titipan Almalik yang perlu disyukuri. Jangan sebatas anda tengung-tenging diri, sebab di dunia ini semuanya tidak ada yang abadi.

Sudahlah, bakal kamu perdua menimang-nimang diri, bisa jadi kata-perkenalan awal bijak Islami tentang renungan diri, ini dapat motivasi anda. Berikut ulasan
brilio.net
himpun berasal majemuk sumber sreg Senin (4/10).


Dia MUNGKIN Menaksir INI


Kata-kata bijak Islami tentang renungan, menyentuh lever.



foto: Instagram/@madrasahkehidupan

1. “Bumi ini ibarat paparan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, anda lain punya pilihan selain mengikutimu.” (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

2. “Cucu adam yang terkaya adalah orang yang menerima pengalokasian (taqdir) bersumber Allah dengan senang hati.”(Ali polong Husein)

3. “Orang yang hati bersih, melihat orang dengan kebaikan dahulu, sosok nan hati kotor, melihat orang dengan ki aib dahulu.”

4. “Kita adalah manusia yang suka menyalahkan berasal luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” (Abu Hamid Al Ghazali)

5. “Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain.” (Jalaludin Rumi)

6. “Bisa jadi ia membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pun kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mencerna, madya dia tak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah 216)

7. “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Al Insyirah 5)

8. “Balas dendam terbaik yaitu menjadikan dirimu lebih baik.” (Ali bin Abi Thalib)

9. “Datangnya kematian tak menunggu hingga kamu akan menjadi kian baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian.” (Habib Ali Zainal Abidin)

10. “Dosaku dahulu membebaniku. Tetapi ketika aku mengukurnya dengan anugerah-Mu, Ya Allah, magfirah-Mu lebih besar.” (Padri Syafii)

11. “Hati menjadi resah dan gelisah saat kita terbiasa berandai-perumpamaan dalam menyikapi persoalan hidup.” (Aa Gym)

12. “Tetapi manusia yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (polah) yang demikian itu tersurat hal-hal nan diutamakan.” (QS. Asy-Syuura : 43)

13. “Manusia yang terkaya adalah manusia yang menerima pengalokasian (taqdir) terbit Almalik dengan doyan hati.” (Ali polong Husein)

14. “Sesungguhnya Almalik lain akan memungkirkan peristiwa satu kaum hingga mereka merubah hal yang terserah pada diri mereka seorang.” (QS. Ar Rad : 11)

15. “Almalik tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah : 286)

16. “Berpikirlah positif, tak peduli seberapa gentur kehidupanmu.” (Ali kacang Abi Thalib)

17. “Mayapada ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi takdirnya kau membelakanginya, ia tak memiliki saringan selain mengikutimu.” (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

18. “Barang barangkali yang tidak mensyukuri yang kurang, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

19. “Jangan bersedih. Sepantasnya pertolongan kemudian hari bersama kesabaran.” (HR. Ahmad)

20. “Jangan engkau merasa lemah dan jangan bersedih, sebab beliau minimal tinggi derajatnya jika kamu beriman.” (QS. Ali Imran: 139)

21. “Perian Allah sempurna dalam barang apa hal. Kita tidak demap mengetahui kebijaksanaan di baliknya. Tapi, kita harus berlatih memercayainya.”

22. “Medikus bisa merawatmu, tapi hanya Tuhan yang bisa menyembuhkanmu.”

23. “Tawakkul merupakan mempunyai keagamaan penuh bahwa Allah akan menjagamu bahkan ketika segala sesuatunya terpandang tidak-tidak.”

24. “Almalik tahu apa yang terbaik untukmu dan pada saat yang terbaik bagimu untuk memilikinya.”

25. “Jika anda melihat bahwa Allah menghiburmu dengan zikirnya, maka ketahuilah bahwa anda memang mencintaimu.”

26. “Hai insan-orang yang percaya, Ingatlah kepada Allah sebanyak-banyaknya.” (Q.S Al-Azhab: 41)

Popular:   Kata Kata Motivasi Sukses Bahasa Inggris Dan Terjemahannya

27. “Doa tulus ikhlas yang kamu panjatkan kepada Allah mampu mengubah sesuatu yang awalnya kamu pikir bukan mungkin, berubah menjadi mungkin.

28. “Kemudian apabila anda telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sebenarnya Allah menyukai orang-manusia yang bertawakkal kepada-Nya.” (Q.S Ali Imran: 159)

29. “Sesungguhnya perbuatan-polah yang baik itu meluputkan (dosa) ulah-perbuatan yang buruk.” (Q.S Huud: 114)

30. “Sepantasnya Tuhan beserta individu-orang nan bertakwa dan orang-orang nan berbuat kebaikan.” (Q.S An-Nahl: 128)

31. “Makna menyia-nyiakan salat bukanlah meninggalkannya sejajar sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya.” (Bani Abbas)

32. “Urusan kalian nan terpenting menurutku merupakan salat. Barangsiapa menjaganya, berguna sira telah menjaga agamanya. Dagangan bisa jadi mengabaikannya, maka anda lebih acuh pun terhadap urusan lain.”

(Umar kedelai Khattab)

33. “Ujian terbesar pecah iman yaitu ketika ia tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, saja kamu masih bisa mengatakan ‘Alhamdulillah’.”

34. “Sebaik-baik waktumu adalah bilamana engkau menyadari kekuranganmu dan dia pun pun memufakati kerendahanmu.” (Bani Athaillah)

35. “Shalat adalah pembersih lever dari kotoran dosa dan pembuka pintu kegaiban.” (Ibnu Athaillah)

36. “Khusyu’ yakni mempertandingkan hati di pangkuan Rabb azza wa jalla dengan sikap menunduk dan invalid diri.” (Ibnu Qayyim)

37. “Perhitungkan dirimu koteng sebelum engkau diperhitungkan. Timbang perbuatanmu sebelum ditimbang.” – Umar ibn Al-Khattab.

38. “Jangan takluk saat doa-doamu belum terjawab. Takdirnya sira berharta menahan perasaan, Allah mampu menyerahkan lebih mulai sejak segala yang kamu minta.”

39. “Jangan salahkan orang ketika anda kecewa, tapi salahkan dirimu seorang karena terlalu berpretensi sesuatu yang belum tentu.”

40. “Seandainya pelahap orang tua, taati Sang pencipta, maka sosok tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-moralistis tentangan kita pada ayah bunda.”

41. “Kemajuan dan kemusykilan kita ada di tangan Allah, bukan manusia. Jika dia bersamamu, tidak ada yang dapat menyakitimu.”

42. “Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, semata-mata khasanah adalah hati yang selalu merasa cukup.”

43. “Bukan main indahnya bahwa Allah dengan munjung usia akan mengampunimu bikin keadaan-hal nan malar-malar tak dapat kamu ampuni.

44. “Bila hijrahmu karena Allah, engkau akan terus melangkah, walau telah lelah.”

45. “Jangan sangkut-paut berpikir bahwa permintaan apa juga nan kamu miliki terlalu banyak bagi Allah. Engkau berujar: “Jadilah” dan maka akan serius terjadi.”

46. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kadar kesanggupannya.” (Al Baqarah: 286)

47. “Boleh jadi Almalik mengabulkan harapan kita dengan tidak memberi segala apa yang kita inginkan, karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menghampiri di balik kedahagaan kita.” (Aa Gym)

48. “Dan dapat bintang sartan kamu membenci sesuatu tetapi beliau baik bagimu, dan barangkali anda menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Sang pencipta mengetahui dan kamu tidak memafhumi.” (QS. Al Baqarah: 216)

49. “Dan ketahuilah, sepatutnya ada kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan, tentu akan datang kemudahan.” (HR. Tirmidzi)

50. “Hai Nabi, katakanlah kepada tawanan-tawanan yang ada di tanganmu: Jika Allah memaklumi suka-suka khasiat privat hatimu, niscaya Ia akan menerimakan kepadamu yang bertambah baik dari segala apa nan telah diambil daripadamu dan Ia akan memaafkan ia.” (QS. Al Anfal: 70)


Perkenalan awal-kata bijak Islami tentang renungan, munjung pecut.

Kata-kata bijak Islami tentang renungan diri © berbagai sumber

foto: Instagram/@nawang.petang

51. “Jangan terlalu berkanjang plong dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di manjapada ini telah ditetapkan oleh Yang mahakuasa. Sekiranya sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia lain akan nikah mendatangimu. Hanya jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan boleh lari darinya.” (Umar kacang Khattab)

52. “Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akankamu hidup selamanya. Dan laksanakan urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati tulat.”

53. “Memangnya kenapa takdirnya spirit kita tak sempurna? Landang ini bukanlah surga.” (Nourman Ali Khan)

54. “Khalayak yang paling sukar cobaannya adalah utusan tuhan, kemudian orang-orang nan di asal derajatnya dan seterusnya.” (HR. Tirmidzi)



55. “Apa sesuatu intern hidupmu yakni bayangan dari seleksian nan telah sira buat. Jika kamu menginginkan hasil yang farik, buatlah pilihan yang berlainan.”

56. “Bersemangatlah atas keadaan-hal yang bermanfaat bagimu. Harap tolonglah plong Almalik, jangan engkau lemah.” (HR. Orang islam)

Popular:   Kata Kata Motivasi Untuk Meraih Cita Cita

57. “Manfaatkanlah lima situasi sebelum datang lima hal; musim mudamu sebelum masa tuamu, masa sehatmu sebelum masa sakitmu, periode kecukupanmu sebelum masa miskinmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa hidupmu sebelum masa kematianmu.”

58. “Hati yang tahir menuntun bumi dan akhirat bersirkulasi membantumu.”

59. “Zakiah adalah taktik mendapatkan banyak harta di dunia dan di surga.”

60. “Tiba hari ini, tetapkan karsa dan fokus tanpa henti kerjakan menjalani hidupmu sebagai anak adam terbesar yang engkau dapat, n domestik semua situasi.”

61. “Allah tak melihat buram rupa dan khazanah kalian, tapi Dia mengawasi hati dan kebajikan kalian.”

62. “Rezeki Allah yang tercurah itu amat banyak dan tak terhitung jumlahnya.”

63. “Nafkah Allah datang puas siapa saja nan mencarinya dengan niat mencari rezeki halal.”

64. “Pemberian yang tidak diberikan dengan ikhlas hanya akan menyumbat saluran rezeki.”

65. “Ingatlah selalu bahwa kamu lebih berani ketimbang yang kamu yakini, lebih kuat berusul nan tertumbuk pandangan dan lebih pintar dari yang kamu kira.”

66. “Harta yang enggak berkah bak meneguk air laut, sekiranya diminum takkan pernah mengobati rasa hausmu.”

67. “Seseorang takkan koneksi kehabisan rezeki asalkan anda kepingin mencarinya dengan niat baik dan sungguh-sungguh.”

68. “Kecuali kamu belajar menghadapi bayanganmu seorang, kamu akan terus melihatnya dalam diri manusia enggak, karena dunia di asing dirimu hanyalah cerminan dari marcapada di dalam dirimu.”

69. “Jikalau hatimu sudah ikhlas maka tidak ada lagi penderitaan yang akan menyakitimu.”

70. “Jangan menghabiskan malam sonder tidur buat merenungi semua masalahmu. Percayalah Tuhan sedang menyelesaikannya. Lalu tidur dan bahagialah pada esok tahun.”

71. “Plus banyak berbunga kita yang lain mewujudkan impian kita karena kita menjalani ketakutan kita.”

72. “Perasaan ‘tersinggung’ merupakan penanda peringatan nan menunjukkan kepadamu ke mana harus mengejar ke dalam dirimu untuk kebobrokan yang belum terselesaikan.”

73. “Tidak ada mandu menjadi ikhlas kecuali dengan camar mendekatkan diri pada Allah.”

74. “Momen malam start gelap, biarkan kekhawatiranmu memudar. Tidurlah yang nyenyak, ketahui engkau telah berbuat semua yang dapat kamu buat bikin masa ini.

75. “Sepanjang hidup, manusia akan membuatmu marah, tidak menghormatimu, dan memperlakukanmu dengan buruk. Biarkan Allah berurusan dengan hal-peristiwa yang mereka bakal, karena kegeraman di hatimu akan menghabisimu pun.”

76. “Setiap anak Maskulin (manusia) banyak berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang mengamalkan salah adalah yang (kepingin) bertobat.” (HR Timidzi)

77. “Pelecok seorang berpunca kalian melihat kotoran (kecil) yang berapit pada mata saudaranya, (namun) ia lalai dengan kayu nan suka-suka di matanya koteng.” (HR. Bukhari)

78. “Tuhan tak melihat rancangan rupa dan harta benda kalian, tapi Anda mengaram lever dan amal kalian.”

79. “Kecintaan kepada Allah melingkupi hati, kecintaan ini membimbing hati dan bahkan merambah ke segala peristiwa Imam.” (Al Ghazali)

80. “Seseorang tidak bisa dipegang amanahnya sehingga verbatim lisannya dan dia lain harfiah lisannya sehingga lurus hatinya.” (Hasan al Bashri)

81. “Setiap makhluk di dunia ini merupakan seorang petandang, dan uangnya adalah pinjaman. Pelawat itu pastilah akan pergi, cepat ataupun lambat, dan pinjaman itu haruslah dikembalikan.” (Anak lelaki Mas’ud

82. “Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zaarah pun, niscaya engkau akan melihat (pertarungan)nya.” (QS. Az-Zalzalah: 7)

83. “Memeriahkan pula agama berarti menghidupkan suatu nasion. Hidupnya agama berarti sinar spirit.” (Bediuzzaman Said Nursi)

84. “Dan tiadalah kehidupan bumi ini melainkan doang senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya darul baka itulah yang sebenarnya sukma, jikalau doang mereka mengetahui.” (Al Ankabut: 64)

85. “Marcapada ini hanya memiliki tiga perian: Hari semalam, yang telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Waktu esok, kau mungkin takkan pernah menemuinya. Musim ini, itulah yang dia miliki. Maka, beramallah di waktu ini.” (Hasan al Bashri)

86. “Hati individu sama seperti cangkir. Semakin beliau memenuhinya dengan kerap kepada Allah, semakin sedikit ruang yang tersisa untuk dipenuhi rasa cinta terhadap dunia.”

87. “Memangnya kenapa seandainya hidup ini enggak sempurna. Toh, ini bukanlah jannah.” (Nourman Ali Khan)

88. “Raihlah guna-guna, dan untuk meraih hobatan belajarlah cak bagi tenang dan sabar.” (Umar polong Khatab)

Popular:   Kata Kata Motivasi Menghafal Al Quran Untuk Anak

89. “Renungkanlah diri Beliau, masa lampau, masa masa ini, dan kala nanti Engkau. Karena pengetahuan yang paling bermanfaat adalah pengetahuan adapun dirinya. Mana tahu nan berakibat mengenal kebiasaan dirinya, maka anda berpotensi mengenal sifat Tuhannya.” (Quraish Shihab)

90. “Saat kau merasa tak mempunyai siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Allah sudah lalu mengirim mereka menyingkir, sehingga kau bisa berduaan bersama-Nya.”


Prolog-kata bijak Islami mengenai renungan untuk muslimah.

Kata-kata bijak Islami tentang renungan diri © berbagai sumber

foto: Instagram/@swy.qts

91. “Hai, Muslimah. Jangan bangga karena setiap pria menginginkanmu. Barang-barang murah mempunyai banyak pemohon. Jadilah batu langka nan hanya bisa dijangkau manusia saleh nan menawarkan hubungan nan halal denganmu.”

92. “Hijab adalah pembebasan berbunga ketergantungan kosmetik dan masker. Hijab adalah magfirah bikin bonafide puas hatimu. Hijab adalah pembebas jiwamu bersumber rantai-rantai sekular.” (Mahdavi)

93. “Selam menaikkan derajat wanita dari dasar manjapada sampai sreg akhirnya surga diletakkan di bawah kakinya.” (Dr. Maulana Ansari)

94. “Jangan mengorbankan kecantikanmu hanya bakal apresiasi dan beberapa like di Instagram, karena di hari penghakiman, bukan sendiri pun nan akan melihatmu dua siapa.”

95. “Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya.” (Fatimah binti Muhammad)

96. “Adam yang benar tak akan menjauhkanmu dari Allah. Sekiranya dia melakukannya, berfaedah dia pria nan keseleo.” (Abdul Bary Yahya)

97. “Sebagai wanita mukminat, kita telah terbebas dari batasan bagi diam. Kita tidak butuh standar kemungelan atau fashion berpangkal umum untuk menentukan biji kita. Kita enggak perlu menjadi sama dengan laki-laki yang perlu dihormati, dan kita tidak burung pangeran bakal menyelamatkan kita.” (Yasmin Mogahed)

98. “Seorang pria mencitacitakan khalayak candik yang sempurna. Seorang nona pula memimpikan sosok suami yang sempurna. Sekadar, keduanya tidak mengingat-ingat bahwa mereka diciptakan kerjakan saling menunaikan janji.”

99. “Wahai saudariku, satu masa nanti tubuhmu akan ditutupi kain dari ujung kepala hingga ujung suku. Jangan biarkan hari terakhirmu di bumi menjadi hari pertamamu memakai hijab.”

100. “Wanita muslimah adalah berliannya Islam. Tak terserah sendiri pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada insan asing.”

101. “Wanita muslimah menggunakan mulutnya cak bagi mengatakan keabsahan, suaranya bagi kekuatan, telinganya bakal welas asih, dan hatinya bagi mencintai mereka yang bukan menyukainya.”

102. “Wanita seharusnya enggak seperti bulan yang setiap orang bisa melihatnya tanpa tertutupi apapun, tapi wanita seharusnya menjadi seperti syamsu yang membuat mata tertunduk sebelum melihatnya.”

103. “Wanita nan baik untuk lelaki yang baik. Dan lelaki nan baik yaitu lakukan wanita yang baik (pun).” (QS. An Sorot: 26)

104. “Perhiasan terbaik seorang wanita adalah rasa malunya.” (Fatimah binti Muhammad)

105. “Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya baik pula negara itu, hanya jika jelek wanitanya, maka jelek juga negara itu.” (Rasul Muhammad SAW)

106. “Bukanlah kesabaran kalau masih mempunyai batas, dan bukanlah kedatangan jika masih merasakan nyeri.”

107. “Jauh kian baik kehilangan sesuatu untuk Almalik daripada kehilangan Tuhan untuk mendapatkan sesuatu.” (Mufti Menk)

108. “Untuk semua awan kelabu yang kau alami, bersabar dan bertahanlah, karena Allah luang dimana batas kemampuanmu.”

109. “Ketika hatimu bertabur, itu bagus. Dengan hati yang pecah, maka cahaya Tuhan akan makin mudah ikut ke dalamnya.” (Shaykh Hamza Yusuf)

110. “Wanita Muslimah adalah berliannya Islam. Tak suka-suka seorang pun yang akan mengungkapkan berlian mereka kepada orang asing.”

111. “Saat kau merasa tak n kepunyaan siapa pun, ingatkan dirimu bahwa Halikuljabbar sudah lalu mengirim mereka pergi, sehingga kau dapat berduaan bersama-Nya.”

112. “Jadilah muslimah nan memiliki dua kemolekan, cantik asing yang dilindungi hijab syar’i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji.””Hijab bukan hanya adapun apa nan sira kenakan, tapi kembali tentang sikap dan tuturan.”

113. “Wahai Saudariku, suatu hari akan datang tubuhmu akan ditutupi kain terbit ujung pembesar sampai ujung kaki. Jangan biarkan hari terakhirmu di marcapada menjadi perian pertamamu memakai hijab.”

114. “Setiap hembusan nafas yang diberikan Allah padamu bukan hanya berkah, tapi juga muatan jawab.”

115. “Hijab bukanlah sekdar pengunci lakukan wanita, tapi juga menggambarkan seberapa raksasa kekuatan dan keindahannya.”

(brl/vin)

(brl/vin)


Sumber: https://www.brilio.net/wow/45-kata-kata-bijak-islami-tentang-renungan-diri-penuh-motivasi-201014m.html