Jelaskan Pengertian Meditasi Hidup Penuh Kesadaran


Unduh PDF


Unduh PDF

Meditasi kesadaran adalah pelecok satu mandu meningkatkan kemampuan berfokus, mengurangi stres, dan mengembangkan kreativitas.[1]

Walaupun membutuhkan waktu dan pelajaran, Dia boleh mempelajari koteng kaidah bermeditasi pemahaman. Selain itu, semadi ini boleh dilatih melalui spirit sehari-periode, misalnya saat Beliau bersantap, berjalan, ataupun melakukan kegiatan rutin yang lain.

  1. 1

    Tentukan kancah belajar nan tepat.
    Carilah tempat nan bebas dari penghentian penangguhan alias bujukan, misalnya ruang yang tenang di internal apartemen Anda atau di jerambah belakang dempet tumbuhan. Pilihlah tempat nan membuat Anda terbebas mulai sejak kesibukan sehari-hari.

    • Jika Anda kepingin melakukan meditasi secara rutin, sediakan tempat khusus bikin bermeditasi. Letakkan benda-benda yang produktif memberikan inspirasi maupun ketenangan di atas meja distingtif, misalnya bunga atau lukisan medan-tempat dengan pemandangan yang indah. Nyalakan parafin hendaknya cahaya di dalam ruangan tidak terlalu terang.
  2. 2

    Temukan rasa nyaman.
    Pertama-tama, Anda wajib menetap diri sejauh beberapa menit, jadi, Anda harus merasa nyaman. Aturlah suhu ruangan nan tepat. Siapkan selimut di dekat Anda sebab guru bodi Dia kelihatannya akan roboh. Duduklah di atas bantal agar terasa lebih nyaman.

    • Kenakan baju yang nyaman agar Anda tidak merasa terganggu alias terusik sepanjang bermeditasi.
  3. 3

    Sediakan waktu.
    Mulailah bermeditasi sepanjang 10 menit dahulu sebatas Anda terbiasa. Jangan langsung bermeditasi sepanjang satu jam sebab Kamu akan merasa terbebani. Alih-alih, mulailah dengan berlatih perenungan singkat habis tambahkan waktunya lambat-laun rendah.

    • Pasanglah pewaktu agar Anda tidak mesti sering-demap berburu tahu mutakadim berapa lama Sira bermeditasi.[2]

      Aturlah bunyi pengingat nan akan menyala di pengunci semadi sepatutnya Dia tidak kaget karena dering peluit yang sesak gentur. Pilihlah bunyi denting giring-giring atau nada piano yang lembut.
  4. 4

    Pilihlah postur yang bukan.
    Sungguhpun banyak orang yang menghubungkan meditasi dengan duduk bersila dalam postur runjung, ini lain suatu-satunya kaidah bermeditasi. Anda dapat duduk di ubin ataupun di kursi, mengirik, melanglang, atau berbaring. Cobalah beraneka ragam postur, gerakan, duduk dengan atau tanpa bantal lalu tentukan yang minimum sesuai untuk Dia. Ketahuilah bahwa bukan suka-suka cara bermeditasi yang riuk.

    • Biarpun bermeditasi sambil berbaring biasanya sangat nyaman, berusahalah agar Anda tidak tertidur! Banyak orang nan menginjak bermeditasi, namun balasannya tertidur.

    Iklan

  1. 1

    Kendalikan pikiran Anda.
    Sediakan waktu bikin merarai ingatan dan berusahalah melepaskan diri dari situasi-hal yang Anda alami sehari-perian. Jika Kamu plonco saja mengalami peristiwa yang menimbulkan stres, pikiran Anda akan dipenuhi oleh hal-hal yang mutakadim terjadi atau barang apa yang akan terjadi kemudian hari dan perhatian Anda kacau. Semua ini adalah peristiwa yang lumrah. Amati pikiran Anda nan sedang sibuk dan biarkan saja berlalu sekaligus terus Sira kendalikan.

    • Sreg awalnya, mungkin Anda akan merasakan permenungan sebagai situasi yang aneh dan ini merupakan keadaan yang wajar. Kenali manah tersebut lalu alihkan perhatian kepada postur raga Dia berbarengan berusaha menemukan rasa nyaman.[3]
  2. 2

    Bernapaslah kerumahtanggaan-dalam

    beberapa barangkali.

    Arahkan pemahaman Ia puas berasimilasi langsung menuduh setiap tarikan dan embusan napas.[4]

    Mulailah merasakan sirkuit napas yang masuk ke dalam fisik, mengisi alat pernapasan Anda, dan keluar melalui mulut. Berusahalah bernapas lebih panjang dan lebih dalam. Tegangan napas panjang akan memecahkan dan mengalirkan rasa nyaman ke seluruh tubuh dan pikiran Anda.[5]

    • Mengamati napas ialah riuk suatu cara membiasakan meditasi kesadaran. Anda bisa sparing mencerca napas sejauh bermeditasi.
  3. 3

    Sadarilah bahwa Ia bukanlah pikiran Anda.
    Selama bermeditasi, ingatkan diri sendiri bahwa Ia memegang cais atas pikiran dan emosi yang cak hendak Anda libatkan.[6]

    Ketika muncul pikiran dan emosi nan tidak Dia inginkan, buang saja dan jangan membidikkan perhatian Anda ke sana.

    • Pemahaman ini bisa membantu Anda menyadari bahwa Anda bisa mengubah pikiran destruktif dan melupakannya.
    • Jangan menyalahkan diri seorang ketika Anda mengenali aliran perhatian Anda secara mental. Berlatihlah melepaskan pengalaman mental tersebut sonder memonten.
  4. 4

    Kembalikan perhatian Engkau pada napas.
    Amati lagi tarikan dan embusan napas setiap kali perasaan Kamu teralihkan maka dari itu suara, pikiran, atau segala apa kembali. Kembalikan lagi fokus Anda pada napas seandainya muncul pikiran dan emosi yang mengganggu.

    • Berusahalah memikirkan hal-kejadian nan netral saat Engkau menunggalkan manah sreg berasimilasi. Apabila ada pikiran yang seberang selama Anda berpusat pada napas, hilangkan kebiasaan membiji pikiran Beliau sendiri dan cara Ia bermeditasi. Menilai diri sendiri akan mengganggu sesi meditasi. Pikiran yang teralihkan atau munculnya pikiran tentang hidup sehari-hari adalah hal yang wajar n domestik bermeditasi.
    • Ingatlah bahwa meditasi lain cak bagi hingga ke prestasi tertentu.[7]
  5. 5

    Berfokuslah pada kekinian
    .
    Salah satu tujuan membiasakan perenungan kesadaran yakni membantu Sira berfokus pada vitalitas nan sedang berlanjut kini. Ingatan dan emosi Anda memusat terbawa ke futur atau kembali ke masa lalu, tetapi tubuh Anda burung laut berada dalam kekinian. Ini sebabnya meditasi kognisi dilakukan dengan menguasai fisik. Jika Anda menyadari bahwa pikiran Ia mudah mengembara, kembalikan sekali lagi perhatian Anda pada tubuh, terutama sreg napas. Berusahalah menekankan perhatian Beliau semata-mata pada kekinian.[8]

    Taktik Juru

    Dr. Colleen Campbell adalah CEO dan Pendiri The Ignite Your Potential Centers, kerangka pendidikan karier dan jiwa di wilayah San Francisco Bay dan Los Angeles. Colleen memufakati gelar MA dan PhD dalam Ilmu jiwa Klinis dan menjadi pelatih karier sejak 2008.

    Colleen Campbell, PhD, PCC

    Colleen Campbell, PhD, PCC

    PhD Psikologi Klinis, Sofia University

    Anda bisa mempraktikkan kesadaran di mana kembali Anda berada.
    Colleen Campbell, pendiri dan CEO Ignite Your Potential, mengatakan, “Kesadaran bermanfaat serius berada di sini dan momen ini, dan ini bisa mengirimkan pemulihan. Kesadaran dapat sesederhana sebagaimana Anda sedang membasuh piring dan berfokus menikmati air dan sabun batangan nan mengenai kulit. Jika Anda semenjana melanglang, Anda boleh memperhatikan pada apa yang dirasakan tubuh—kaki, telapak kaki, udara yang menerpa wajah, dan suara di sekitar Beliau.”

    Iklan

Popular:   Meditasi Yang Paling Umum Dilaksanakan Adalah
  1. 1

    Biasakan makan dengan tenang.
    Bersantap dengan antap ialah salah satu cara menaruh berat jasmani sebab Dia bisa makan minus demi sedikit sambil menikmati suguhan yang cawis.[9]

    Siapkan sekelumit kecil buah kesenangan Kamu, apel misalnya, untuk membiasakan makan dengan tenang.

    • Peganglah rajangan apel habis perhatikan baik-baik, amati bentuknya, teksturnya, maupun apa saja yang terpandang.
    • Kenali begitu juga apa rasanya menyentuh apel dengan tangan atau menunggangi bibir.
    • Dekatkan apel ke wajah Anda lewat ciumlah aromanya dengan menarik napas sejumlah barangkali. Amati apakah tubuh Anda menyerahkan respons, misalnya mengeluarkan air liur atau unjuk kemauan untuk mencicipinya.
    • Bungsu, gigitlah apel kontan menuding rasanya, seperti apa rasanya, dan apakah Anda merasa senang detik gayem apel.
  2. 2

    Lakukan meditasi kognisi berbarengan bepergian suku.
    Tafakur bisa dilakukan sewaktu berjalan kaki. Mulailah dengan berjalan kaki sekaligus mencacat barang apa nan Anda rasakan kontan melanglang, merasakan otot nan bergerak, mengencang, dan meregang. Langkahkan kaki dengan santai kiranya Anda bisa berfokus pada usaha dan cerapan yang muncul saat punggung tungkai Sira menyentuh dan terangkat bermula lantai.[10]

    • Bermeditasi sambil berjalan tanpa wana kaki akan membantu Anda mengalami dan merasakan sensasi lebih, misalnya dengan mengamati tekstur dan guru lantai.
  3. 3

    Berfokuslah lega sensasi yang Anda alami.
    Berlatih meditasi kesadaran sederum mengamati sensasi bisa Anda kerjakan apabila terserah rasa nyeri atau tubuh Ia medium intern proses pemulihan. Anda bisa meredakan nyeri dan ketegangan dengan prinsip ini. Berfokuslah pada fragmen tubuh tertentu termasuk tubuh bagian dalam. Apakah Engkau mengalami kecabuhan yang menyenangkan, lain menyurutkan, ataupun nonblok? Buatlah catatan “rasanya meredam emosi waktu ini” atau “ada rasa sakit di putaran ini”. Amati interaksi yang terjadi antara pikiran dan bodi Anda dengan perasaan tersebut.

    • Sama seperti kedua teknik tafakur yang berpusat plong badan sesuai penjelasan di atas, terserah teknik tak yang dikenal dengan tera pemindaian tubuh. Teknik ini dilakukan dengan memindai jasmani dari asal ke atas dan dari atas ke bawah sedarun mengamati sensasi nan muncul dan melepaskannya ke bagian tubuh nan tidak atau bertepatan menuduh peredaran energi.[11]
    • Alih-alih mencacat keadaan-keadaan di sekeliling Ia, berfokuslah pada setiap kehebohan nan muncul di raga Anda. Bukalah mata lampau pandanglah barang apa yang ada sekeliling Anda sambil memperhatikan setiap gerakan, warna, atau target yang minimum menjajarkan. Kenali aroma udara yang Anda hirup. Dengarkan suara-suara di selingkung Anda, dengung peralatan elektronik, bunyi mobil yang melintas di depan apartemen, atau kicauan burung di tanaman.[12]
  4. 4

    Buat kegiatan hari-hari umpama meditasi.
    Apa saja boleh menjadi kesempatan bermeditasi apabila dilakukan dengan penuh kesadaran. Mulailah bermeditasi kesadaran spontan Dia menyikat gigi dengan mengamati rasa tapal gigi di dalam ucapan Anda, merasakan surai-bulu sikat gigi, dan memperhatikan gerakan tangan Anda. Biasakan mandi dengan mumbung kognisi sambil memperhatikan pemeliharaan bodi yang Ia kerjakan sampai selesai mandi. Menyetir mobil juga bisa menjadi kesempatan bermeditasi. Mulailah mengidentifikasi apa yang Dia rasakan di intern oto, postur bodi Sira di tempat duduk, amati manah dan emosi nan Anda alami detik menghadapi kondisi celas-celus, dan sadari akibat yang sesuai atau tidak sesuai dengan keinginan Engkau.

    • Aspek terpenting yang perlu Anda ingat selama bermeditasi kesadaran adalah menyadari kekinian. Jika ingatan Ia teralihkan, arahkan kembali ingatan Ia pada berasimilasi spontan terus mengamati manah dan manah Anda sonder terbawa atau menilainya.

    Iklan

Popular:   Waktu Yang Baik Untuk Melakukan Meditasi

  • Lakukan permenungan secara sedikit demi. Jangan memperhatikan sesak banyak hal sekaligus. Anda hanya perlu melihat segala apa yang terlihat dahulu perhatikan objek yang tidak jika Sira sudah siap dan abaikan sekiranya sudah berubah. Anda bisa meningkatkan kesadaran dengan terus berlatih.
  • Latihan meditasi kesadaran boleh dilakukan privat berbagai postur. Dengan demikian, Ia akan mendapatkan pengalaman dan kesempatan terbaik buat bertambah memahami informasi yang dijelaskan dalam artikel ini.
  • Dengarkan irama yang menenangkan, suara-suara umbul-umbul, atau derau putih yang akan kontributif Kamu sepanjang bermeditasi, terutama bakal para pemula.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 13.869 kali.

Apakah artikel ini mendukung Engkau?


Sumber: https://id.wikihow.com/Melakukan-Meditasi-Kesadaran