Duduk Dalam Meditasi Zen Budhisme Disebut


Unduh PDF


Unduh PDF

Zazen
adalah asal berpokok meditasi Zen, pelecok satu praktik nyepi nan dilakukan saja makanya kaum Buddhis Zen. Kata
zen
dalam bahasa Jepang berharga meditasi. Makara, suku bangsa Buddhis Zen boleh kembali disebut kaum Buddhis praktisi meditasi. Kata sandang ini akan mengklarifikasi prinsip mempraktikkan
zazen
kerjakan para pemula, yang secara harfiah berarti meditasi sambil duduk.

Langkah

  1. 1

    Siapkan alas duduk maupun bantal kecil.
    Kamu boleh duduk menunggangi bantal ataupun minus bantal, tergantung posisi duduk yang Anda pilih dan preferensi masing-masing.

  2. 2

    Pilihlah posisi duduk yang Anda inginkan.
    Parafrase harfiah kata
    zazen
    adalah permenungan sambil duduk. Jadi, cara duduk sangatlah berharga. Suka-suka beberapa posisi bagi melakukan
    zazen:

    • Posisi duduk turunan Birma adalah posisi duduk bersila yang paling mudah dengan menurunkan kedua suku dan lutut di lantai dan satu pergelangan kaki ada di depan pergelangan kaki yang lain, tidak silih berpangkat.
    • Posisi duduk setengah teratai (Hankafuza) dilakukan dengan meletakkan bekas kaki tungkai kiri di atas paha kanan dan menyelipkan telapak kaki kanan di bawah paha kiri.
    • Posisi duduk teratai penuh (Kekkafuza) yaitu posisi duduk nan minimum stabil. Posisi duduk ini dilakukan dengan menaruh jejak kaki kaki kiri di atas paha kanan dan menaikkan punggung kaki kanan ke atas paha kiri. Sreg awalnya, posisi duduk ini mungkin menimbulkan rasa gempa bumi, tetapi otot tungkai Ia akan menjadi kian luwes setelah sering berlatih. Jika posisi ini terlalu selit belit dan masih terasa nyeri setelah satu pekan berlatih, berkonsultasilah dengan tabib ataupun untuk terapi dengan menempelkan botol weduk air panas kuku di paha Anda. Jangan lakukan posisi ini apabila Dia mengalami gempa bumi dengkul kronis.
    • Duduk dalam posisi berlutut (Seiza) dimulai dari posisi berlutut dulu duduk di atas tungkak.
    • Duduk di takhta. Anda boleh duduk di kursi, tetapi berusahalah menegakkan jejak kaki.
    • Berdiri. Posisi ini dilakukan oleh orang-makhluk Korea dan Cina yang tidak bisa duduk berlebih lama. Berdirilah dengan merenggangkan kedua jejak kaki kaki selebar bahu. Jarak kedua tumit harus lebih intim daripada jarak kedua induk jari tungkai. Letakkan kedua telapak tangan di lambung silih mengonggokkan, tangan kanan di atas tangan kiri. Jangan mengunci lutut.
  3. 3

    Posisikan telapak tangan dalam mudra kosmik.
    Letakkan bekas kaki tangan yang dominan di bawah telapak tangan nan tidak di depan perut dan arahkan kedua telapak tangan ke atas. Sentuhkan kedua biang jari dengan kecil-kecil.

  4. 4

    Mulailah bermeditasi dengan menenangkan ingatan dan berfokus hanya pada napas.
    Anda boleh memejamkan mata, sekepal terpejam, atau nanap.

  5. 5

    Tarik napas selama 10 hitungan dan buang napas selama 10 hitungan.

  6. 6

    Ulangi lagi menghitung terbit satu jika pikiran Anda menerawang.
    Pikiran yang teralihkan adalah hal biasa. Ulangi juga menghitung bersumber suatu serta merta memfokuskan pikiran pada napas.

  7. 7

    Untuk meditasi selama adv minim kian 15 menit.
    Selepas Dia bisa bernapas selama 10 hitungan tanpa teralihkan, mulailah menotal tarikan dan embusan napas perumpamaan kesatuan, alih-alih menotal secara terpisah. Untuk latihan secara teratur sampai Anda mampu bertafakur pada napas minus harus menghitung juga. Anda dapat menjejak kemampuan ini jika berbuat
    zazen
    saban hari.

  8. 8

    Bukalah indra penglihatan lalu gerak-gerakkan lengan dan suku bikin memuluskan aliran talenta agar normal sekali lagi.

  9. 9

    Bakal meditasi sepanjang 15 menit dalam ahad purwa sangat tambahkan 5 menit setiap satu minggu sebatas Engkau boleh melakukannya selama 45 menit sampai 1 jam.
    Jika Engkau bisa mengamalkan
    zazen
    secara teratur dan bertahap, Beliau akan merasa lewat rileks dan mengalami keheningan yang serius selama bermeditasi. Biarkan napas Sira mengalir secara natural, enggak perlu bernapas dengan cara tertentu.

  10. 10

    Temukan keheningan.
    Zazen
    bukan hanya duduk sengap untuk membangkitkan pemahaman gadungan di dalam diri kita. Anju terakhir ini bisa tercapai dengan menciptakan maupun menemukan keheningan di dalam diri kita melalui meditasi. Amati diri sendiri dan kehidupan Ia sejauh dan selepas bermeditasi langsung mengaktifkan semua indra. Selepas Anda mampu mengendalikan pikiran sejauh bermeditasi atau menjalani kehidupan sehari-waktu, amati apa nan terungkap… dan Anda sadari.

    Iklan

  • Selama bermeditasi, posisi tangan mempunyai makna terdahulu. Satu telapak tangan mewakili kehidupan fisik dan yang suatu lagi mengambil alih semangat spiritual. Dengan menyatukan keduanya, praktisi meditasi diingatkan mudahmudahan melaraskan kedua arah kehidupan tersebut. Selain itu, empu tangan yang ganti bersentuhan adalah pendirian mengendalikan alam asal sadar. Jika kedua ibu jari tukar menindihkan, ini artinya Anda terlalu tegang dan perlu merilekskan diri. Jika copot, mungkin Anda sedang tertidur. Jadi, sentuhkan kedua induk jari dengan lembut.
  • Bakal meditasi setiap hari secara teratur.
  • Berusahalah menegakkan punggung semoga diafragma boleh bersirkulasi dengan leluasa sehingga Anda bisa bernapas lewat dalam saat melakukan
    zazen.
  • Jangan memaksakan diri duduk dalam posisi tertentu nan menimbulkan rasa nyeri maupun tidak nyaman. Pilihlah posisi duduk yang lain.

Iklan

Hal yang Dia Butuhkan

  • Bantal kecil buat rimba duduk.
  • Ruangan nan ranah dan netral alai-belai.
  • Alarm untuk mengingatkan telah berapa lama Anda bermeditasi. Jika menggunakan alarm, pasanglah pewaktu dengan suara yang lumat sebab permenungan akan terganggu/terputus jika bunyi tanda bahaya plus keras atau mengejutkan.
  • Pakaian nan nyaman.

Tentang wikiHow ini

Halaman ini sudah diakses sebanyak 8.586 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?


Sumber: https://id.wikihow.com/Melakukan-Meditasi-Zen-(Zazen)

Popular:   Tuliskan Manfaat 5 Dari Meditasi Pernafasan