Contoh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Dalam Belajar

Motivasi dibedakan menjadi dua jenis
lho, yakni motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Perbedaan keduanya terletak pada dorongan ataupun karsa privat melakukan senawat itu sendiri. Kedua diversifikasi tembung ini memiliki cara kerja dan efek nan berbeda dalam mencari tujuan.

Senawat adalah sebuah dorongan, rangsangan, maupun keinginan yang dijadikan sebagai dasar terbit seseorang bagi mengerjakan sesuatu agar dapat mencapai pamrih tertentu. Dalam dunia ilmu jiwa, dorongan bagi bermotivasi bisa muncul dari intrinsik (intern) maupun ekstrinsik (eksternal).

Perbedaan Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik

Moga bertambah jelas, berikut ini adalah penjabaran pecut intrinsik dan ekstrinsik yang terlazim kamu ketahui:

Motivasi intrinsik

Pecut intrinsik merupakan cemeti nan muncul berpunca dalam diri bagi menjejak sesuatu demi memuaskan diri seorang dan tanpa dipengaruhi maka dari itu imbalan dari eksternal.

Jadi, cambuk ini membuat seseorang mengamalkan aktivitas tertentu karena menganggapnya sebagai sesuatu nan bermakna cak bagi dirinya alias memberikan kepuasan lakukan dirinya koteng. Jenis motivasi ini dipengaruhi maka itu ketertarikan atau kegembiraan puas kegiatan tertentu.

Beberapa kegiatan nan dapat mengilustrasikan motivasi intrinsik, yaitu:

  • Berpartisipasi internal perlombaan karena ingin menikmati aktivitas perlombaannya
  • Belajar keadaan baru karena menganggapnya sebagai sesuatu yang menarik
  • Menghabiskan waktu bersama cucu adam lain karena ingin menikmati waktu kekompakan dengan mereka
  • Menjernihkan kamar karena mempunyai hobi kudrati-bersih
  • Dolan
    game
    karena cak hendak menyelesaikan sebuah misi
  • Menjadi sukarelawan karena senang membantu sesama
  • Mengambil banyak tanggung jawab di tempat kerja karena cak hendak menantang diri dan merasa bertelur
  • Menulis dan melukis karena bisa membuat nyenyat serta bahagia

Motivasi ekstrinsik

Senawat ekstrinsik adalah motivasi nan muncul karena adanya keinginan untuk mendapatkan imbalan ataupun belas kasih. Imbalan alias hadiah ini bisa berupa pujian, penghargaan, uang, maupun barang tertentu. Selain itu, melakukan satu kegiatan dengan pamrih menghindari aniaya juga termuat n domestik motivasi ekstrinsik.

Popular:   Motivasi Untuk Memiliki Sikap Dan Perilaku Kerja Prestatif

Jadi, pecut ini membuat seseorang mengerjakan aktivitas bukan demi kepuasan dirinya sendiri, melainkan karena berharap mendapatkan sesuatu sebagai imbalannya atau pergi sesuatu yang lain menyejukkan.

Hipotetis yang memvisualkan tembung ekstrinsik antara lain:

  • Berpartisipasi dalam perlombaan karena ingin membawa pulang rahmat
  • Berlatih hal baru karena permohonan pekerjaan
  • Menghabiskan hari bersama orang lain karena ingin meningkatkan status sosial
  • Menjernihkan kamar agar tidak dimarahi maka dari itu orang tua
  • Bermain
    game
    karena ingin mendapatkan hadiah berupa tip
  • Menjadi sukarelawan untuk memenuhi satu persyaratan
  • Mengambil banyak bagasi jawab di tempat kerja karena ingin mendapatkan kenaikan gaji maupun promosi jabatan
  • Batik dan melukis untuk menghasilkan uang

Mana nan Lebih Baik, Motivasi Intrinsik maupun Ekstrinsik?

Banyak orang yang menganggap jika ki dorongan intrinsik adalah jenis motivasi yang paling baik. Sementara itu, motivasi intrinsik dan ekstrinsik sederajat-sama baik dan bermanfaat,
lho. Keduanya bisa digunakan intern peristiwa dan kegiatan yang berlainan, serta memberikan bilyet yang pula berbeda plong perilaku manusia.

Andai sempurna, intern bumi kerja, kapasitas bisa ditingkatkan dengan cemeti ekstrinsik, misalnya bonus. Sedangkan, untuk meningkatkan produktivitas nan berkualitas, ini dipengaruhi oleh senawat intrinsik.

Takdirnya kedua ki dorongan ini dikombinasikan, maka kamu akan lebih bersemangat ketika melakukan dan menyelesaikan tugas yang menurutmu menarik, lebih lagi jika disertai dengan hidayah atau penghargaan nan bisa dia dapatkan setelahnya.

Kendatipun motivasi intrinsik dapat menembakkan orang melakukan yang terbaik karena memang kemauan nan suka-suka mulai sejak bersumber privat diri, namun lain semua aktivitas bisa dilakukan dengan motivasi ini. Inilah mengapa senawat ekstrinsik konstan diperlukan.

Cambuk ekstrinsik dapat digunakan mudah-mudahan seseorang terpacu untuk membereskan tugas atau pekerjaan yang menurutnya lain menyejukkan, cuma harus dilakukan. Ini lagi bisa menumbuhkan minat orang lain pada aktivitas yang awalnya tak diminati dan bentuk penghargaan atas penampakan orang lain.

Popular:   Kata Kata Motivasi Singkat Bahasa Inggris Dan Artinya

Biar begitu, motivasi ekstrinsik yang berlebihan diketahui dapat mengurangi cemeti instrinsik. Misalnya, seseorang nan awalnya melakukan olahraga tertentu karena tertarik dan menyenangkan, tapi karna selalu diberikan kasih, maka kali, ketertarikan tersebut lebih-lebih berkurang dan akhirnya hanya fokus sreg hidayah.

Motivasi ekstrinsik yang jebah juga seringkali membuat kegiatan yang ditujukan buat “bertindak” berubah menjadi “kerja”.

Nah, kini kamu sudah paham dengan kedua varietas lecut, ya? Senawat intrinsik maupun ekstrinsik seimbang-sama baik,
cak kenapa. Yang terpenting adalah ia boleh menyikapi kedua spesies motovasi ini sebagai sesuatu nan riil.

Bila beliau masih ada pertanyaan tercalit tembung maupun merasa lain n kepunyaan cemeti internal menjalani nyawa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau psikolog, ya. Pasalnya, kurangnya cambuk nan terjadi dalam paser waktu lama termasuk dalam gejala komplikasi mental, begitu juga depresi.


Sumber: https://www.alodokter.com/mengenal-motivasi-intrinsik-dan-ekstrinsik