Cara Meditasi Zhen Qi Yun Xing

MEDITASI ZHEN QI Aliran

Khalwat adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar bagi memusatkan banyak titik pikiran ke satu titik perhatian. Salah suatu teknik meditasi yang terkait dengan fotosintesis adalah meditasi sirkuit temuan DR. Li Shao Bo, seorang mahaguru asal Lanzhou, China. Meditasi ini disebut Zhen Qi. Zhen artinya asli, dan Qi artinya energi. Zhen qi atau energi nirmala/jati anak adam sebenarnya adv amat potensial bakal memelihara dan meningkatkan kesehatan dan stamina, sayangnya hanya sedikit orang yang reseptif akan halnya hal ini.

Zhen qi adalah ilmu nan mengajarkan anak adam supaya pahit darah dengan cara memaksimalkan energi vital yang sudah terserah dalam tubuh kita sendiri, yaitu dengan teknik pernapasan yang terpumpun pada embusan napas (berasimilasi buang).

Awalnya, DR. Li merasakan keprihatinan yang mendalam melihat pasiennya mondar-mandir cak bertengger. Buat Li, hal itu merupakan pemborosan dan menurunkan kredibilitasnya andai tabib. Suntuk dengan mendalami kitab indung berbunga beraneka ragam mantra pengobatan tradisional Cina nan berusia 3000 tahun, Li mulai menyusun zhen qi dan cara mempraktekkannya.

Kitab Kaisar Kuning sebagai kitab induk mengajarkan bahwa panjang umur dengan kualitas awak yang fit itu penting. Namun untuk memformulasikan kitab yang disebut yellow emperor ini, selain bahasanya sangat historis, sistematikanya juga tidak bagus, sampai-sampai para ahlipun belum tentu reseptif dengan tulisan yang tersuguhkan, balasannya DR. Li berhasil dapat merumuskan dan menemukan cara mempraktekkan zhen qi (bernapas yang benar).

Zhen Qi Sirkulasi mengajarkan bahwa asimilasi dalam itu habis berfaedah, akan tetapi justru kita tak pernah melakukannya. Kita terlazim menggunakan respirasi luar nan berlangsung antara 16-20 kali sendirisendiri menit. Menurut isi Kitab Ratu Asfar, zhen qi akan efektif bila kita mengamalkan pernapasan privat yang berlantas antara 9-10 kali per menit. Hitungan 9-10 kali per menit menunjukkan kita diharapkan dapat bernapas n domestik dan lambat.

Sesungguhnya pernapasan dalam yang dimaksud adalah sentralisasi pada saat kita menghembuskan napas (napas buang). Kita tak perlu berupaya cak agar napas kita panjang dan lama. Bernapas normal saja serta rileks. Lama-lama pasca- kita rileks, pernapasan kita akan berlangsung seperti saat kita tidur, dan itu terasa nyaman sekali.

Menurut DR. Li kerumahtanggaan bukunya “Treatise on Zhen Zhen-Qi Circulation” nan dicetak masih dalam bahasa Mandarin, konsentrasi pada embusan napas ini punya khasiat sangat berfaedah. Detik kita menghembuskan berasimilasi, saraf parasimpatik akan bekerja dan saraf simpatik terhalangi. Risikonya, badan menjadi rileks. Saat rileks, dengan sendirinya tekanan darah melandai dan segala nyeri akan hilang.

Saat kita menghembuskan napas, oksigen menjadi sebuah kristal energi. Enggak heran bila kita melihat peragaan bela diri karate, silat, maupun kung-fu; ketika menabok entah itu benda gigih atau p versus, kebanyakan berasal mereka mengasingkan napas dahulu laung.

Selain beberapa hal itu, hembusan napas menyebabkan energi di jantung turun ke ulu hati, mewujudkan sistem pencernaan bekerja contoh. Lalu turun ke dan tian bawah (gerendel energi di bawah pusar).

Seraya mengaras pernapasan model ini, kita diajari menggerakkan zhen qi supaya menyingkapkan 8 meridian nan kita miliki, yakni nan qiao, yin qiao, nan wei, yin wei, chong, mubalig, ren, dan du. Namun intern prakteknya, kita hanya bersendiri supaya zhen qi membuka 2 meridian terdahulu, yakni ren dan du/tu.

Popular:   Sejak Kapan Sidharta Melatih Meditasi Pernapasan

Setelah 2 meridian utama ataupun gapura energi terbuka, dengan mengatur kendati zhen qi melewati jalurnya, ke 6 meridian lainnya secara kodrati akan membengang. Kempang energi sekali lagi menjadi laju. Selanjutnya berakibat 12 meridian umum lainnya juga ikut terbabang, sehingga efeknya seluruh tubuh akan sehat karena seluruh jalur energi alias derajah lain tersuntuk. Sakit itu yaitu gejala adanya sagur meridian nan terlayang sehingga energi zhen qi bukan berjalan lampias.

Latihan Nyepi Zhen Qi Sirkulasi dikatakan berhasil bila kita mampu membawa zhen qi kembali ke dan tian sumber akar. Lega dasarnya cak semau 5 tahap latihan. Pertama, konsentrasikan zhen qi di dan tian tengah (ulu hati). Kedua, turunkan zhen qi ke dan tian bawah (tiga jemari di pangkal pusar). Ketiga, pemfokusan pada dan tian bawah. Keempat, konsentrasikan zhen qi buat dibawa mengaduk menuju derajah du dan berhenti di dan tian atas (di antara alis netra). Kelima, konsentrasikan zhen qi cak bagi dibawa ke dan tian bawah lagi.

Pemusatan pikiran berlangsung bersamaan, adalah detik menghembuskan napas dan menggagas zhen qi. Sesudah berhasil membuka jongkong meridian, rata-rata saat latihan kita hanya akan konsentrasi di dan tian bawah.

Teknik pelatihan Tafakur Zhen Qi ini bertindak untuk semua umur. Meskipun habis sederhana, saja efek latihan ini luar seremonial. Selepas jalur derajah terbuka, raga akan terasa segar, sehat, dan tidak mudah sakit.

Teori dan Pelatihan Zhen Qi Sirkulasi ini telah diuji coba maka dari itu DR. Li Shao Bo di Lanzhou Chinese Medicine Hospital, panggung prakteknya sejak usia 30 tahun hingga waktu ini. Banyak penyakit kronis tersembuhkan, misalnya: stroke, kanker, tumor, gangguan peranakan, maag, dalaman koroner, sakit kuning, gagal ginjal, diabetes, ashma, bakat panjang, rematik, saraf terjepit, penglihatan melandai, penyembuhan pasca operasi, ketagihan obat tidur, alergi, stress, dan masih banyak sekali lagi.

Dibutuhkan periode singularis dan ketekunan lakukan berlatih sampai zhen qi boleh menembus jongkong garis bujur ren dan du. Bakal bisa ‘dung’ atau retas dibutuhkan musim satu bulan les. Namun terserah anak mungil yang tetapi butuh waktu sejumlah musim sahaja sudah lalu langsung bisa tembus. Bisa jadi anak kecil belum banyak perhatian sehingga mudah bersepisepi.

Proses pencapaian hingga menembus kempang ren dan du memang beraneka ragam, tergantung kondisi fisik masing-masing orang. Cak semau nan bisa melakukannya dalam waktu seminggu, terserah pula yang zakar musim suatu rembulan, bahkan ada yang berbulan-bulan. Yang mewujudkan lama biasanya karena orang sulit mengendalikan perhatian, atau penyakit nan semacam itu banyak dan beragam, atau minus tekun berlatih. Untuk pemula sebaiknya berlatih minimal 4 jam sehari.

PROSES PELATIHAN Permenungan ZHEN QI SIRKULASI 5 TAHAP

1. Dia dapat duduk di kursi atau berdiri. Usahakan mencari posisi nan nyaman dengan punggung merembas, nan memungkinkan persebaran talenta lancar. Lebih baik tidak bersila ataupun berlutut. Anda boleh leyeh-leyeh, tetapi jangan terlentang, melainkan berbaring menyamping. Lebih baik menyamping ke kanan, tangan kanan letakkan di depan penasihat (pelipis kanan) dan tangan kiri membentangi babak bawah pusar. Distrik dan tian mesti ditutup supaya lega hati dari energi asing tubuh.

Popular:   Sikap Badan Yang Benar Ketika Melakukan Meditasi Adalah …..

2. Buatlah seluruh tubuh kamu rileks. Telapak tangan dalam posisi menelungkup. Bernapaslah seperti biasa. Tekuk indra perasa ke langit-langit di rongga congor, cak agar jalur garis bujur du dan ren tersambung. Mulailah dengan mengganjur berasimilasi dahulu hidung, keluarkan tinggal hidung. Jangan sengaja takhlik panjang atau lama, karena proses ini akan engkau capai dengan sendirinya.

3. Pusatkan perhatian (konsentrasi) setiap kali menghembus berasimilasi. Pasca- sejumlah detik perhatian dipusatkan pada dan tian perdua di ulu hati, sekejap-sekejap menghembuskan napas. Rasakan kecabuhan yang ada. Beberapa diversifikasi sensasi yang berlainan antara orang yang satu dengan yang lain biasa terjadi. Terserah yang merasa hangat, tawar rasa, tertekan, atau ada sesuatu seperti mana angin bergerak di ulu hati. Itulah zhen qi nan dimaksud.

4. Bawalah zhen qi jatuh ke sumber akar, tiga jari di bawah pusar (dan tian dasar) dan konsentrasikan di babak itu. Proses menurunkan zhen qi bagi setiap orang berbeda. Ada yang mudah, ada yang terik. Cak semau nan merosot, naik, turun lagi. Ada yang jebluk terus hingga ke kaki. Biarkan namun dan ikuti alirannya. Cak semau yang boleh sekali latihan, terserah yang zakar sejumlah kali latihan. Kebanyakan pada tahap ini cak semau beraneka macam sensasi nan unjuk. Yang terutama adalah angin kentut, karena banyak gas yang bergerak di sistem pencernaan. Kalau sudah demikian, keluarkan saja. Itu artinya zhen qi mulai memperbaiki kemustajaban pencernaan.

Kecabuhan lain yang biasa terasa antara lain rasa sakit maupun gatal, terutama yang pernah menjalani kampanye di perut. Ini isyarat zhen qi sedang membuka meridian yang tersayat akibat operasi.

Setelah latihan pada tahap ini biasanya basyar sering buang air besar. Ini karena zhen qi menolak kuat kotoran yang ada di pencernaan supaya nirmala. Lempar air dapat berlanjut 3-5 boleh jadi sehari. Bahkan terserah yang makin 10 kali atau belasan kelihatannya sehari. Ini yakni gejala yang formal. Galibnya gejala ini akan berlangsung dalam tahun satu sampai dua hari. Dandan residu juga akan beragam. Ada yang baru, gelap, cokelat sekali. Itu merupakan gejala yang wajar. Anda tidak perlu ke dokter bila mengalami hal ini.

5. Latihan diteruskan dengan membawa zhen qi ke bagian bokong jasmani sepanjang meridian du, berhenti di dan tian atas (di antara alis alat penglihatan). Proses tahap ini biasanya bertambah rumpil. Butuh waktu lama untuk umumnya orang.

Penjelajahan zhen qi tergantung kondisi sendirisendiri orang. Bila ada bagian tubuh nan problematis, akan terasa sakit sepanjang jalur meredian nan dilewati dan perjalanan akan lambat. Kehebohan gatal, sensual, rasa begitu juga digigit semut, dan lain-lain akan terasa. Zhen qi bisa melanglang lampias, bisa bolak-balik. Bila zhen qi melangkahi meredian di area organ reproduksi, orang dapat bersemangat, vitalitas semakin tinggi, apalagi bisa jadi gairah seksual meningkat. Itu efek yang wajar.

Popular:   Apa Yang Bisa Kita Lakukan Ketika Mengantuk Saat Meditasi

Nan minimal sulit bila zhen qi mutakadim mencapai leher dan mau menembus ke atas atasan. Terkadang proses ini disertai rasa gempa bumi. Ini terjadi karena di bagian leher, sendi-sendi tulang leher begitu padat dan kuat, akibat menyangga kepala yang berbeban sukar. Cuma kalau sudah lalu menembus gala dan menaiki ke kepala, kegemparan suam dan tawar rasa akan terasa. Bahkan boleh terasa seperti mana cahaya melintas di atas kepala.

6. Selepas semua sensasi terasa, teruskan membawa zhen qi turun ke dan tian bawah lagi. Proses dan sensasi yang mirip akan anda temui seperti puas awal latihan, tetapi biasanya bukan sedahsyat yang purwa. Ini karena jalur energi sudah mangap. Biasanya proses ini akan lebih mudah. Konsentrasikan zhen qi di dan tian bawah, biasanya akan dilakukan terus menerus bila sira sudah menembus jalur ren dan du. Anda bukan perlu cak bimbingan memutar jongkong ren dan du tiap kali les. Dengan sendirinya, lama kelamaan energi akan semakin membesar di dan tian bawah dan mempengaruhi keseluruhan garis bujur. Ini berakibat substansial, anda akan bugar dan pahit darah. Bila sudah sering cak bimbingan, biasanya zhen qi malah akan bergerak sendiri menerangkan kolek-jongkong meridian dan menyeimbangkan energi tubuh anda.

7. Ingat, untuk bisa menembus zhen qi pecah meridian ren ke du butuh pelajaran nan sungguh-sungguh. Paling lain saban hari dibutuhkan waktu empat jam. Bisa dipecah-pecah waktunya, minimal 20 menit lakukan sekejap-sekejap kursus. Pada awal invensi teknik ini, DR. Li Shao Bo malah meminta pelajar-muridnya kursus sebatas berjam-jam sehari. Boleh kamu buat pasca- bersiram pagi, sebelum makan pagi, dan start kerja. Selanjutnya tuntunan bisa dilakukan siang hari saat istirahat dan burit sepulang kerja. Malam hari sebelum tidur, baik juga bila berlatih lagi.

8. Yang jelas saat kursus beliau harus dalam keadaan rileks dan tenang. Jangan terburu-buru. Nikmati seluruh proses dengan gembira dan tanpa tekanan. Buatlah kegelisahan, kecemasan, kesedihan, atau barang apa saja akrab dengan ia dengan menyadari dan menikmatinya. Dengan sendirinya semua akan hilang.

9. Bila terserah penawar dokter ataupun ramuan tertentu yang mesti diminum, meneguk saja. Makanan apapun enggak terbiasa dipantang, kecuali bagi mereka nan mengidap komplikasi tertentu. Seiring perkembangan les, anda akan melihat hasilnya. Pelajaran ini tidak memiliki efek samping yang membahayakan tubuh. Justru sebaliknya, yang terjadi yaitu bilyet pengobatan.

10. Yang terdahulu, ia butuh pembimbing lakukan menjalani proses ini. Boleh juga anda melakukannya bersama teman dalam satu kelompok. Ini akan membantu proses, karena bisa saling menceritakan akhirnya. Tiap-tiap manusia akan dikuatkan satu sama lain.


Sumber: https://hijamah-pengobatancaranabi.blogspot.com/2009_05_17_archive.html